Beranda Banyuasin Sekda Banyuasin Resmi Buka Festival Masak Pempek dan Serba Ikan

Sekda Banyuasin Resmi Buka Festival Masak Pempek dan Serba Ikan

38
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim secara resmi membuka Festival Pempek dan Serba Ikan di Gedung Graha Sedulang Setudung Pemkab Banyuasin, Rabu (6/3/2024).

Erwin Ibrahim mengatakan, kegiatan tersebut penting dilakukan, sebab Banyuasin merupakan kabupaten penghasil ikan terbesar di Sumatera Selatan.

Ditambahkannya, potensi tersebut harus diberdayakan, bagaimana mengedukasi dan meliberalisasi anak serta masyarakat agar gemar memakan ikan.

“Di dalam ikan banyak manfaatnya, seperti vitamin A, collagen, protein dan vitamin B, salah satu makanan murah namun sangat penting dalam menekan stunting,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, agar ikan bisa digemari oleh anak-anak maupun masyarakat, inovasi dalam menyajikan ikan tersebut agar lebih menarik.

“Nah, tinggal penyajiannya bagaimana olahan ikan ini, apakah dibuat pempek, abon atau bentuk lainnya, semakin menarik maka minat anak-anak dalam mengonsumsi ikan semakin tinggi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Banyuasin Ir. Seftifitry mengatakan, angka konsumsi ikan tertinggi di Sumsel dan nasional ada di Kabupaten Banyuasin.

“Alhamdulillah, angka tertinggi minat konsumsi ada di Kabupaten Banyuasin, saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Banyuasin,” katanya.

Ditambahkannya, kecamatan penghasil ikan ada dua kecamatan, diantaranya Banyuasin II yaitu Sungsang sebagai kampung nelayan dan Talang Kelapa sebagai budidaya.

“Alhamdulillah stok kita selalu ada, terlebih stok kita itu seperti ikan laut. Ikan yang kita ekspor ke luar negeri ikan bawal dan udang,” tegasnya.

Terpisah, Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin Hj. Maria Ivone Hani Syopiar Rustam mengatakan, merupakan penghasil ikan terbesar di Sumsel dan ikan kaya akan protein serta berbagai vitamin.

“Saya setiap kunjungan ke kecamatan selalu dihidangkan dengan ikan, baik itu lauk ikan, pempek ikan maupun olahan lain berbahan dasar ikan. Ikan sangkan baik untuk kesehatan, terutama bagi tujuan kita dalam menekan angka stunting di Kabupaten Banyuasin. Karena pada ikan sangat banyak sekali vitamin, protein dan mineral serta zat besi terkandung di dalamnya,” katanya.(Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here