Beranda Banyuasin Persiapan Pengamanan Rapat Pleno Terbuka, Kapolres Banyuasin Pimpin Apel di KPU

Persiapan Pengamanan Rapat Pleno Terbuka, Kapolres Banyuasin Pimpin Apel di KPU

41
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK menerapkan pengamanan maksimum, menjamin kelancaran rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten yang digelar hari ini, Rabu (28/2/2024).

Kesiapan pengamanan tersebut diawali dengan pelaksanaan apel seluruh personel gabungan di depan halaman Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuasin, sebagai lokasi pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara Pemilu 2024.

“Ratusan personel gabungan dari Brimob, TNI, Polres dan Satpol PP yang terlibat dalam pengamanan rapat pleno terbuka ini telah siap kita siagakan,” kata Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK kepada wartawan usai memimpin apel tersebut.

Dijelaskan Kapolres, seluruh personel gabungan telah dikerahkan mengamankan tiga ring pengamanan yang sudah disiapkan, tepatnya di pagar pintu masuk KPU, (ring 1), lobi KPU (ring 2) dan pintu masuk ruang pleno terbuka (ring 3).

“SOP pemeriksaan fisik dan barang bawaan menggunakan metal detector juga akan diterapkan terhadap seluruh peserta rapat pleno terbuka, guna menghindari barang-barang berbahaya masuk dalam ruang rapat pleno,” ungkap dia.

“Kesiapan TNI-Polri dan Satpol PP, sehingga memberikan rasa aman kepada masyarakat dan juga penyelenggara dalam melaksanakan tugasnya. Intinya tugas kami adalah di luar, di dalam ruang pleno kami tidak ikut campur, karena itu ranahnya penyelenggara Pemilu,” tegas dia.

Diharapkan dengan penerapan super maksimum security yang dilakukan, kata dia, dapat menjamin ketertiban dan keamanan saat rapat pleno rekapitulasi suara berlangsung.

“Kami bertanggung jawab atas keamanan jalannya rapat pleno kabupaten, meliputi keamanan orang yang mengikuti jalannya rapat pleno, barang yaitu kotak suara, dan komponen kepemiluan lainnya, termasuk tempat lokasi dilaksanakan pleno,” terang dia.

Kapolres Banyuasin juga mengimbau kepada seluruh simpatisan dan para pendukung parpol ataupun caleg, agar tertib dan tidak membuat kegaduhan saat rapat pleno berlangsung.

“Bagi yang merasa tidak puas terhadap hasil Pemilu, silahkan menempuh jalur-jalur yang sudah disediakan dalam undang-undang. Jangan menggunakan cara-cara anarkis yang dapat menimbulkan tindak pidana gangguan kamtibmas. Jika itu terjadi kami akan tindak tegas,” tutup dia. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here