Beranda Nasional Direktur Pascasarjana Unhan RI Berharap IWO Wujudkan Publik Jadi Insan Media

Direktur Pascasarjana Unhan RI Berharap IWO Wujudkan Publik Jadi Insan Media

53
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Jakarta, Beritakajang.com – Direktur Pascasarjana Universitas Pertahanan RI (Unhan) Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso berharap pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) bisa menjadikan publik menjadi insan media.

Hal tersebut disampaikannya saat menerima silaturahmi Pengurus Pusat IWO di Kampus Pascasarjana Unhan RI Salemba Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).

Hadir dalam pertemuan itu Ketua Umum PP IWO Teuku Yudhistira, Sekjend Dyah Arum Sari, Wasekjen Sainudin Mahyudin dan Departemen Humas A. Akhyar G.

“Peran wartawan saat ini sangat penting, maka dari itu saya berharap IWO berkolaborasi dengan wartawan lainnya agar selalu bertransformasi dalam mengemas informasi dan sebagai agen perubahan negara Republik Indonesia ini,” jelas Mayjen Totok Imam.

“Agar IWO kedepannya bisa mewujudkan manusia (publik) itu sendiri sebagai insan media. Artinya peran IWO turut membangun peradaban media, yang tadinya masyarakat tidak paham dalam menerima informasi dan menyampaikan informasi, nantinya bisa paham,” sambung dia.

Tak itu saja, dengan terwujudnya manusia jadi insan media hingga informasi dikelola dengan baik dan positif. Bahkan juga bisa menjadi stimulan dalam meningkatkan budaya membaca, maka hal itu menjadi baik bagi negara.

Mayjen Totok Imam juga menyampaikan, IWO harus menjadi organisasi wartawan yang selalu bertransformasi dan jangan pernah berputus asa untuk membangun perubahan di Indonesia ini, serta selalu membagikan nilai positif kepada masyarakat Indonesia.

Selain itu, ia juga menyampaikan kata-kata bijak khusus, ‘kalau orang membenci kamu sebenarnya bukan karena kejelekan kamu, tetapi karena ketakutan dia, karena kemampuan kamu’.

Menimpali hal itu, Ketua Umum PP IWO Teuku Yudhistira menyampaikan terimakasih kepada Direktur Pascasarjana Universitas Pertahanan RI (Unhan) Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso yang sudah menerima silaturahmi dari PP IWO.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Direktur Pascasarjana Universitas Pertahanan (Unhan) Mayor Jenderal TNI Totok Imam Santoso, yang sudah menerima silaturahmi kami. Kolaborasi PP IWO dan Unhan kedepannya dapat berkolaborasi dalam program Human Resources Development and Encouragement,” kata Yudhistira.

Pada momen itu, Yudhis juga menyampaikan bagaimana IWO terus berupaya menciptakan formulasi yang berkaitan dengan pers dan dunia jurnalistik, khususnya dalam pencegahan hoax yang menjadi sorotan berbagai pihak, dan menciptakan setiap orang menjadi insan media.

“Harapan Bapak Direktur Pascasarjana Unhan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita, khususnya menjadikan setiap orang menjadi insan media. Apalagi sejak munculnya istilah citizen journalism dan citizen atau warganet yang kadang tak terkendali dalam menyampaikan pemberitaan tanpa filter yang selektif,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Jenderal IWO, Dyah Arum Sari, memaparkan beberapa program skala nasional yang terintegrasi ke wilayah dan daerah yang akan segera dilaunching serta direalisasi dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

“Seluruh program IWO bertujuan untuk meningkatkan skill konseptual, teknis dan teoritis, salah satunya program human resources development and encouragement. Program tersebut dilaunching dalam waktu dekat. Akan direalisasikan dengan kolaborasi yang sistematis dan terorganisir untuk IWO yang lebih bermartabat. IWO.” pungkas Dyah. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here