Beranda Banyuasin Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting, Pemkab Banyuasin Bedah Ribuan RTLH

Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem dan Stunting, Pemkab Banyuasin Bedah Ribuan RTLH

57
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Sebagai upaya mengatasi kemiskinan ekstrem maupun stunting, Pemerintah Kabupaten Banyuasin melaksanakan program Gerakan Serentak Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan launching sanitasi se-Sumsel tahun 2024 yang berlangsung di Desa Lubuk Saung Kecamatan Banyuasin III.

Launching ini juga dilakukan secara serentak oleh kabupaten/kota se-Sumsel bersamaan secara simbolis dan seremonial melalui jejaring zoom meeting yang dipimpin oleh Penjabat Gubernur Sumsel Dr. Agus Fatoni M.Si maupun Ketua Umum TP PKK Pusat Tri Tito Karnavian, yang berpusat di Gandus Kota Palembang, Rabu (21/2/2024).

Pj. Bupati Banyuasin H. Hani S Rustam SH mengatakan, pihaknya telah melakukan penanganan rumah tidak layak huni sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang melalui APBN, APBD, dana desa dan kolaborasi dengan Baznas, REI dan CSR sebanyak 10.983 unit beserta sanitasinya.

Kemudian pada tahun 2024 ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Banyuasin telah merencanakan penanganan RTLH sebanyak 2.459 unit dan pembangunan septitank individual sebanyak 208 unit tersebar di seluruh Banyuasin, yang salah satunya dilaunching di Desa Lubuk Saung pada hari ini.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Banyuasin, sangat menyambut baik pelaksanaan program-program pemerintah yang langsung menyentuh ke masyarakat dan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang sudah berupaya merealisasikan pelaksanaan program ini,” katanya saat diwawancarai usai pelaksanaan launching.

Dirinya berharap kepada semua pihak yang terlibat dapat bekerja sama dengan baik, amanah serta penuh tanggung jawab, sehingga tujuan untuk menciptakan rumah yang layak huni yang sehat dan peningkatan kesejahteraan serta taraf hidup masyarakat dapat terlaksana.

“Mudah-mudahan ini berjalan dengan lancar, kita cukup banyak tergetnya. Hari ini kita bedah satu rumah dan sekaligus peletakan batu pertama untuk bedah rumah selanjutnya,” pungkas dia. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here