Beranda Palembang Tantangan Jurnalis Membumikan Isu Transisi Energi: Perkuat Peran Media, Bentuk Jejaring Jurnalis...

Tantangan Jurnalis Membumikan Isu Transisi Energi: Perkuat Peran Media, Bentuk Jejaring Jurnalis Energi

45
0
BERBAGI

Palembang, Beritakajang.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang bersama Institute for Essential Services Reform (IESR) dan Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) berinisiatif membentuk Jejaring Just Journalist (Jurnalis Berkeadilan) Sumatera Selatan (Sumsel) demi membangun kesadaran publik tentang transisi energi lewat karya jurnalistik berkualitas.

Ketua AJI Palembang, M. Fajar Wiko mengatakan, jurnalis yang tergabung dalam Jejaring Just Journalist Sumsel dapat membentuk opini publik mengenai transisi energi, mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam meliput isu-isu kompleks terkait energi terbarukan, serta mengidentifikasi dampak ekonomi, sosial dan lingkungan dari program transisi energi secara efektif untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat.

“Saat ini, bagi sebagian besar jurnalis pun masih banyak istilah-istilah yang asing dalam isu transisi energi. Hal tersebut mempengaruhi konsen jurnalis terhadap isu energi tersebut. Oleh karena itu, AJI Palembang menginisiasi Jejaring Just Jurnalist Sumsel untuk berbagi informasi terkait lingkungan, khususnya transisi energi dengan dukungan akademisi, NGO, dan pemerintah, sehingga porsi pemberitaan isu energi menjadi lebih sering diulas,” kata Fajar Wiko.

Manajer Program Akses Energi Berkelanjutan IESR Marlistya Citraningrum mengungkapkan, transisi energi yang terjadi diberbagai belahan dunia termasuk Indonesia, memiliki kontekstualitas yang beragam di tingkat daerah atau subnasional.

Peralihan dari sistem energi fosil ke sistem energi terbarukan dan lebih berkelanjutan ditunjukkan dengan tren penghentian dan pensiun dini PLTU di seluruh dunia, begitu pula di Indonesia dalam rencana Just Energy Transition Partnership (JETP). Hal ini akan berdampak langsung pada provinsi dan kabupaten penghasil batubara di Indonesia, terutama di sektor perekonomian dan pembangunan.

Pemerintah subnasional perlu mengantisipasi tren ini jauh-jauh hari, termasuk untuk menggenjot sektor ekonomi alternatif dan mengoptimalkan pemanfaatan energi terbarukan. Media dapat memainkan peranannya untuk melakukan edukasi kepada masyarakat untuk segera beralih ke energi yang minim emisi.

“Kajian IESR dibeberapa daerah penghasil batubara menunjukkan bahwa meskipun pendapatan daerah bergantung pada ekonomi batubara, namun dampak pengganda ekonominya tidak langsung dinikmati oleh masyarakat sekitar dalam bentuk infrastruktur, peningkatan ekonomi, atau layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan. Di Muara Enim, sekitar 78% keuntungan diserap oleh perusahaan tambang, selain itu tenaga kerja lokal lebih banyak bekerja lepas untuk kontraktor atau vendor perusahaan tambang alih-alih pekerja profesional di perusahaan,” kata Marlistya.

Akademisi Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Dr Abdul Bashir berujar, peran media sangat penting dalam isu transisi energi, karena media adalah sumber informasi, komunikasi, dan edukasi. Media pun perlu memberi informasi dalam koridor yang akurat dan sesuai dengan fakta.

Kepala Bidang Energi, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan, Aryansyah mengatakan, provinsinya memiliki potensi energi terbarukan sekitar 21.032 MW dengan kapasitas terpasang energi terbarukan sekitar 989,12 MW atau sekitar 4,70%.

“Ke depannya pemanfaatan energi bersih yang berbasis energi terbarukan di Sumatera Selatan dapat lebih berkembang ke seluruh lapisan masyarakat. Beberapa strategi yang kami lakukan untuk  mendorong pemanfaatan energi terbarukan, di antaranya penyediaan energi kebutuhan daerah dengan meningkatkan eksplorasi potensi energi baru terbarukan, pemanfaatan energi baru terbarukan seperti energi surya, air, panas bumi dan lainnya, serta melakukan konservasi dan diversifikasi energi,” ujar Aryansyah.

Sementara itu, Wakil Pimpinan Redaksi Tribun Sumsel Prawira Maulana berujar, saat ini pemberitaan terkait lingkungan, khususnya transisi energi masih belum baik. Pembentukan Jejaring Just Jurnalis Energi Sumsel ini diharapkan menjadi makanan baru bagi jurnalis di Palembang, Sumsel.

“Kebanyakan yang melakukan pemberitaan terkait isu lingkungan di Sumsel saat ini adalah media nasional, itupun bukan konsen utama, hanya me-mention mungkin dalam satu kali sebulan. Mungkin ini jadi salah satu titik yang baik, bagaimana media lokal mulai aware. Diharapkan dilanjutkan menjadi hal yang lebih konkret,” kata dia. (Ines)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here