Beranda Ogan Komering Ilir Sawit Sudah Panen, Warga Pelimbangan Tak Terima Plasma dari Perusahaan

Sawit Sudah Panen, Warga Pelimbangan Tak Terima Plasma dari Perusahaan

150
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Ratusan warga Desa Pelimbangan Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering (OKI) mengaku diingkari oleh pihak PT Samora, salah satu perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di desa itu.

Masyarakat yang rela menjual lahan mereka seluas 6.000 hektare dengan harga murah senilai Rp 1.000.000/hektare, berharap mendapatkan plasma sesuai janji dari perusahaan. Namun kenyataan saat ini mereka gigit jari.

“Sawit yang ditanami di lahan 6.000 hektare itu sekarang sudah panen. Nyatanya kami tidak mendapatkan plasma yang dijanjikan,” kata salah satu warga, Junaidi, bersama masyarakat lainnya kepada media, Kamis (25/1/2024).

Junaidi pernah mempertanyakan hal ini dengan pihak pemerintah desa setempat, namun mereka berasalan masyarakat harus menyerahkan lagi lahan 1.000 hektare yang belum digarap.

“Nah, lahan itulah yang baru mau dijadikan plasma,” terang Junaidi saat mendengar keterangan dari pihak pemerintah desa.

Hal ini, kata Junaidi, tak sesuai dengan kesepakatan di awal.

“Awalnya kami dijanjikan sebagai warga pribumi satu KK mendapat satu surat plasma, tapi sampai sekarang tak terealisasi.” ungkapnya kecewa.

Masyarakat akhirnya mendatangi kantor Camat Cengal untuk mengadukan permasalahan ini agar pihak pemerintah kecamatan bisa memfasilitasi.

Camat Cengal H. Musa Panitan membenarkan masyarakat Palimbangan menemuinya. Menurut dia,  sesuai prosedur pihaknya mengarahkan dulu warga untuk menyurati atau menghadap Kades Pelimbangan dan menerangkan permasalahan mereka itu.

Sementara pihak perusahaan PT Samora melalui Asisten Kepala, Pau menjelaskan, persoalan plasma sebenarnya masyarakat lebih paham.

“Ini masalah data saja, masyarakat bisa menanyakan langsung ke pihak desa,” jelasnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here