Beranda Banyuasin Tingkatkan Ketahanan Pangan dan Tekan Laju Inflasi, Pj. Bupati Banyuasin Serahkan Bantuan...

Tingkatkan Ketahanan Pangan dan Tekan Laju Inflasi, Pj. Bupati Banyuasin Serahkan Bantuan Benih Sayuran

53
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan dan menekan laju inflasi, Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam SH menyerahkan benih sayuran dan sarana produksi gerakan tanam sayur (gertas), bertempat di aula SMK Pertanian Pembangunan Negeri Sembawa Kecamatan Sembawa, Senin (11/12/2023).

Dalam sambutannya, Hani menyampaikan, dalam rangka pengendalian inflasi daerah dan untuk menekan kenaikan harga sayuran, terutama cabai, dengan ini dia menginstruksikan kepada kepala perangkat daerah, camat, kepala desa, lurah, serta seluruh Kepala SD, MTS SMP agar mengoptimalkan gerakan bersama masyarakat untuk menanam sayur dengan memanfaatkan pekarangan kantor, rumah, dan sekolah.

“Melalui gerakan tanam sayur (gertas) diharapkan terjadinya peningkatan kesadaran dan motivasi masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan guna pemenuhan pangan dan gizi keluarga serta sumber tambahan pendapatan rumah tangga. Gerakan tanam sayur dilaksanakan dengan memberdayakan masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok wanita tani,” jelasnya.

Ditegaskan Pj. Bupati, adapun tujuan gerakan tanam sayur adalah terlaksana pengembangan budidaya tanaman sayur berbasis rumah tangga dengan menggunakan teknologi tepat guna dan aplikatif, serta terpenuhinya pangan dan gizi keluarga secara berkesinambungan sekaligus dapat menjadi sumber tambahan pendapatan rumah tangga.

“Dalam pertemuan hari ini kita akan menyerahkan bantuan benih sayuran dan sarana produksi kepada penerima manfaat dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Banyuasin, sekaligus mengevaluasi kembali pelaksanaan gertas di Kabupaten Banyuasin agar seluruh OPD terkait, khususnya yang mempunyai fungsi penyuluh untuk melakukan pembinaan dan pendampingan kepada penerima manfaat sehingga gertas dapat diukur keberhasilannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan sekaligus ketua pelaksana kegiatan, Masita Liana SP mengatakan, bantuan benih sayur dan sarana produksi diserahkan kepada 14 kecamatan, yaitu Air Salek, Suak Tapeh, Muara Sugihan, Betung, Talang Kelapa, Sembawa, Rambutan, Muara Telang, Makarti Jaya, Air Kumbang, Banyuasin l, Tungkal Ilir, Karang Agung Ilir, serta Tanjung Lago yang berjumlah 210 penerima manfaat. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here