Beranda Banyuasin 16 Siswa Diktukba Polri Laksanakan Latja Selama Satu Bulan di Polres Banyuasin

16 Siswa Diktukba Polri Laksanakan Latja Selama Satu Bulan di Polres Banyuasin

69
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Terhitung sejak hari Senin yang lalu, sebanyak 16 siswa Diktukba Polri gelombang II tahun 2023 dari SPN Polda Sumsel melaksanakan Latihan Kerja (Latja) selama satu bulan di Polres Banyuasin.

Kegiatan para siswa diawali bangun pagi pukul 04.00 WIB, dilanjutkan ibadah Sholat Subuh berjamaah di Musholla Mapolres Banyuasin. Demikian pula dengan yang beragama non muslim, telah disediakan tempat khusus untuk beribadah sebagaimana yang lain.

Usai beribadah, siswa Bintara Polri ini diwajibkan mengikuti olahraga pagi berupa jogging dan senam pagi sebelum kemudian sarapan bersama-sama di ruang publik terbuka taman batu, didampingi oleh para instruktur dan pengasuh.

Dilanjutkan apel pagi bersama anggota yang lain. Apel pagi ini, selain berfungsi pembiasaan saat berdinas, nanti juga sebagai media informasi dan evaluasi tentang situasi dan kondisi kamtibmas terkini, disamping perintah dan instruksi kegiatan yang akan dilaksanakan hari ini.

Kegiatan selanjutnya adalah mengikuti latihan fungsi teknis dimasing-masing satuan kerja. Keseluruhan siswa dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing beranggotakan 8 orang sesuai dengan jumlah satuan fungsi tempat Latja, antara lain Sat Intelkam, Satreskrim, Satlantas, Saat Samapta, Sat Binmas dan Sie Humas.

Mereka tidak hanya mendapatkan wawasan baru secara teoritis, tetapi juga praktik langsung di lapangan. Para siswa ini bisa mengaplikasikan apa yang telah didapatkan selama di lembaga pendidikan dengan kondisi yang sesungguhnya.

Seperti misalnya materi lalu lintas, para siswa tidak sebatas diajarkan gerakan pengaturan lalu lintas tetapi juga turun langsung di simpang jalan melakukan pengaturan lalu lintas, penjagaan maupun patroli. Tentunya didampingi oleh pengasuh maupun mentor fungsi terkait. Demikian pula dengan pelatihan di fungsi kepolisian lainnya.

Selepas latihan fungsi teknis yang berlangsung hingga pukul 14.30 WIB, siswa dipersilahkan untuk beristirahat sejenak dan manjalankan ibadah. Kegiatan kembali dilanjutkan dengan olahraga sore hingga pukul 17.00 WIB.

Selain kegiatan yang bersifat pembelajaran siswa, diwajibkan untuk senantiasa tampil rapi dan bersih, baik dalam berpakaian, tempat tidur dan penataan kaporlap hingga berbaris rapi saat pergerakan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Malam harinya, setelah melaksanakan ibadah dan makan malam, kegiatan masih dilanjutkan dengan belajar mandiri. Tepat pukul 21.00 WIB, rangkaian kegiatan siswa ditutup dengan apel malam yang dipimpin oleh pengasuh.

Kapolres Banyuasin Ferly Rosa Putra SIK mengatakan, meski tak berada di lembaga pendidikan, namun pengaturan, jadwal dan disiplin tinggi tetap diterapkan dengan ketat.

“Jadwal kegiatan setiap hari sudah kita susun sedemikian rupa, tak jauh berbeda dengan di lembaga pendidikan. Mulai dari bangun pagi, olahraga rutin pagi dan sore, kemudian latihan fungsi dan ditutup dengan apel malam sebelum istirahat,” jelasnya, Kamis (16/11/2023).

“Targetnya selepas Latja, para siswa memiliki keterampilan lebih di bidang ilmu kepolisian dan siap kerja serta bisa mengaplikasikan dalam tugas sehari-hari dimana pun bertugas nanti,” tutupnya. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here