Beranda Palembang Hadir di Tengah Warga, Dinas PUPR Palembang Sosialisasikan Manfaat Eco Enzyme Bagi...

Hadir di Tengah Warga, Dinas PUPR Palembang Sosialisasikan Manfaat Eco Enzyme Bagi Lingkungan

63
0
BERBAGI

Palembang, Beritakajang.com – Demi menjaga kebersihan dan kesehatan dilingkungan RT 063 RW 011 Kelurahan 5 Ulu Seberang Ulu I Kota Palembang. Warga setempat bersama Komunitas Masyarakat Peduli Sungai dan Banjir serta Lingkungan (KMPSPB) RT 063 5 Ulu melaksanakan kegiatan gotong-royong di Lorong Seroja dan sekitarnya.

Meskipun dengan keterbatasan alat dan sarana kebersihan, namun tidak menghalangi niat dan semangat warga untuk melakukan gotong royong pada hari ini, Ahad (12/11/2023).

Ketua RT 063 RW 011 Kelurahan 5 Ulu Palembang Iis Suana S.Pd.I mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kesekian kalinya dilaksanakan hingga mendekati penghujung tahun 2023, sebagai upaya untuk meningkatkan jalinan tali silaturahmi dan kenyaman lingkungan.

“Gotong royong ini salah satu bentuk kepedulian warga RT 063 dan Komunitas Masyarakat Peduli Sungai dan Banjir serta Lingkungan (KMPSPB) dalam menciptakan lingkungan yang bersih. Kami berharap dukungan segenap elemen masyarakat dan Pemerintah Kota Palembang agar warga di sini bisa menciptakan lingkungan bersih. Butuh kerjasama semua pihak,” ujar Iis Suana.

Sementara itu, Ketua KMPSPB RT 063 Kelurahan 5 Ulu Syafril mengucapkan terimakasih kepada warga yang sudah semangat ikut dalam gotong royong kepada Lurah 5 Ulu beserta jajarannya yang hadir di kegiatan ini. Dan kepada warga setempat kedepannya diharapkan agar lebih peduli dalam menjaga lingkungan supaya bisa hidup bersih dan sehat.

“Kami tidak henti-hentinya mengajak warga untuk selalu peduli lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan, membiasakan hidup bersih dan sehat, terlebih lagi saat ini sudah memasuki musim penghujan, dan kepada Pemerintah Kota Palembang teruslah dukung kami agar semangat gotong royong kami semakin tertanam,” harapnya.

Syafril menambahkan, kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan masyarakat RT 063 dan KMPSPB RT 063 Kelurahan 5 Ulu.

Pada hari Sabtu (11/11/2023) kemarin, mereka mendapat kunjungan dan edukasi serta sosialisasi dari Dinas PUPR Kota Palembang bersama Relawan Dunia Eco Enzyme Indonesia yang dipimpin langsung oleh ketua tim, H. Bambang Mulyanie SE SH.

Dinas PUPR Kota Palembang bersama Relawan Dunia Eco Enzyme Indonesia mengadakan pelatihan pembuatan dan penuangan eco enzyme (sejenis cairan -red) dengan memanfaatkan sampah organic atau kulit buah, sayuran dan rempah-rempah menjadi eco enzyme.

Dengan diadakannya pelatihan itu, diharapkan masyarakat dan Komunitas Peduli Sungai dan Banjir serta Lingkungan (KMPSPB) RT 063 Kelurahan 5 Ulu Kecamatan SU I dapat meneruskan pengetahuan baru ke masyarakat lainnya, guna memanfaatkan sampah menjadi eco enzyme yang berguna untuk memperbaiki kualitas air, berguna untuk tanaman, obat dan termasuk menghilangkan bau tak sedap di air.

”Kegiatan kemarin lebih ke pemanfaatan sampah, sebab sampah itu luar biasa memberikan akibat, contohnya menghambat laju air di saat musim penghujan, bisa menjadi sumber penyakit dan hari ini kita turun langsung ke lapangan untuk bergotong royong membersihkan jalan dan lorong lingkungan sekitar. Dan kegiatan ini di pemukiman masyarakat, agar lebih menyentuh dan menjadi target program kami bersama Pemerintah Kota Palembang. Sekedar mengingatkan, bahwa kegiatan kita kemarin dihadiri langsung oleh pihak Dinas PUPR Kota Palembang, Ketua Relawan Dunia Eco Enzyme (REED) Sumsel H. Bambang Mulyanie SE SH, para Ketua RT dilingkungan RW 011, Ketua LPMK Kelurahan 5 Ulu,” tutup Syafril. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here