Beranda Palembang Usai Gelar Sholat Istisqa, Kapolda Sumsel Ajak Seluruh Masyarakat Cegah Karhutla

Usai Gelar Sholat Istisqa, Kapolda Sumsel Ajak Seluruh Masyarakat Cegah Karhutla

90
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) mengajak seluruh elemen masyarakat ikut serta dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel.

“Kita tidak dapat bekerja sendiri dalam menanggulangi dan meminimalisir permasalahan yang terjadi di wilayah ini,” ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo SIK melalui Karo SDM Kombes Pol. Sudrajad Hariwibowo SIK M.Si usai melaksanakan Sholat Istisqa di Mapolda Sumsel, Jumat (15/9/2023).

Kata dia, tiga wilayah yang diperuntukkan dalam penanggulangan karhutla antara lain Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba) dan Musi Rawas (Mura). Untuk itulah juga pihaknya melakukan Sholat Istisqa tersebut.

“Kita laksanakan ini adalah memohon ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk dapat menurunkan hujan. Selaku umat beragama, kita harus berikhtiar dan memohon doa,” ungkapnya.

Lanjut Kombes Pol. Sudrajat mengatakan, pihaknya percaya bahwa segala sesuatu yang dihadapi bangsa ini merupakan kehendak dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Seperti yang dirasakan saat ini, telah terjadi peningkatan kabut asap di wilayah hukum Polda Sumsel. Dampak asap yang ditimbulkan tersebut dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), asma, serta penyakit paru obstruktif kronik. Kemudian penyakit jantung serta iritasi pada mata, tenggorokan dan hidung. Dan emisi gas karbondioksida hingga gas-gas lain ke udara juga akan berdampak pada pemanasan global dan perubahan iklim.

“Untuk itu kami berharap dengan upaya yang telah kita lakukan dapat mencegah dan menanggulangi karhutla di wilayah ini,” ujar alumni Akpol 96 tersebut.

Sementara H. Bagus Setiawan LC M.E sebagai khotib dan imam Sholat Istisqa, mengajak umat Islam untuk segera bertaubat.

“Senantiasa mengintrospeksi diri, meminta ampun atas segala dosa, serta memperbanyak istighfar, dengan harapan Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan makhluk hidup lainnya,” tutup dia. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here