Beranda Muaraenim Pelaku Ekonomi Kreatif di Muara Enim Perlu Mengenal HAKI

Pelaku Ekonomi Kreatif di Muara Enim Perlu Mengenal HAKI

82
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Kominfo Muara Enim)

Muara Enim, Beritakajang.com – Pemkab Muara Enim melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraft) menggelar kegiatan sosialisasi dan fasilitasi perlindungan kekayaan intelektual (HAKI) bagi pelaku ekonomi kreatif, bertempat di Hotel Griya Serasan Sekundang Kota Muara Enim, Kamis (6/7/2023).

Dalam acara ini, Bambang Sugi selaku Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif menyampaikan pentingnya pemahaman dan kesadaran akan HAKI terhadap karya-karya kreativitas yang dihasilkan.

Ia menggaris bawahi pentingnya perlindungan terhadap ide dan kreativitas para pelaku industri kreatif. Selain itu, Bambang juga menekankan pentingnya memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Muara Enim mengenai HAKI.

“Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman para pelaku ekonomi kreatif mengenai manfaat perlindungan HAKI terhadap hasil karya kreativitas yang dihasilkan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Isdrin menjelaskan pemanfaatan kreativitas dan inovasi menjadi faktor penting dalam persaingan industri di pasar global.

“Industri tidak lagi hanya mengandalkan harga atau kualitas produk, tetapi juga harus berfokus pada inovasi, kreativitas, dan imajinasi,” ungkapnya.

Isdrin juga menekankan pentingnya pengembangan ekonomi kreatif secara berkelanjutan dengan penguatan di berbagai aspek, seperti sumber daya, industri, pembiayaan, pemasaran, teknologi, dan infrastruktur.

“Sinergi antara pemerintah, masyarakat bisnis, intelektual, dan komunitas dianggap sebagai bagian penting dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif yang kuat,” kata dia.

Dalam acara ini, lanjutnya, juga diidentifikasikan potensi-potensi pelaku, jenis, dan usaha ekonomi kreatif unggulan yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Selain itu, sosialisasi dan fasilitasi terhadap pemanfaatan dan perlindungan HAKI juga menjadi fokus dalam acara ini. (Mus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here