Beranda Palembang Capai 1.300 Per Hari, Harnojoyo Harap Penanganan Sampah Lebih Digencarkan Lagi

Capai 1.300 Per Hari, Harnojoyo Harap Penanganan Sampah Lebih Digencarkan Lagi

86
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ines)

Palembang, Beritakajang.com – Penuntasan permasalahan sampah melalui pengelolaan sampah di Kota Palembang hingga saat ini nampaknya terus digencarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) setempat.

Tingginya sampah yang dihasilkan Kota Palembang yang mencapai 1.300 per hari, menjadi alasan khusus Walikota H. Harnojoyo.

Beriringan dengan hal tersebut, Pemkot Palembang juga mendapatkan sebuah titik terang terkait pengelolaan sampah itu sendiri. Pasalnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen sengaja melakukan kunjungan kerja dalam rangka penyamaan pemahaman terhadap pengelolaan persampahan dan feasibility study (FS).

“Kehadiran ini terkait dengan penanganan sampah, program hibah dari World Bank,” kata H. Harnojoyo di Rumah Dinas Walikota, Jalan Tasik Palembang, Kamis (6/7/2023).

Harnojoyo mengungkapkan bahwa program yang rencana akan dilakukan tersebut juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Palembang terhadap penanganan sampah.

“Untuk rencana program ini, tadi kita diminta terkait ketersediaan lahan. Dan lahannya kita sudah siap. Kemudian terkait dengan dukungan anggaran,” ungkapnya.

Diutarakan Harnojoyo, Pemerintah Kota Palembang juga sudah memiliki pengalaman akan hal-hal yang berkaitan dengan sampah, salah satunya yakni dengan adanya Incinerator dengan kapasitas 1000 ton.

“Potensi sampah di Palembang ini sudah melebihi dari itu, yakni 1.200 hingga 1.300 ton. Jadi, walaupun kita mempunyai Incinerator 1.000 ton, pastinya sampah ini masih ada sisa sampah,” ujarnya.

Walikota Palembang dua periode itu berharap, dengan akan adanya program yang direncanakan tersebut, potensi sampah yang dinilai cukup besar ke depan dapat segera teratasi.

“Kita berkeinginan Kota Palembang ini benar-benar dapat clear and clean terkait dengan sampah,” pungkasnya. (Ines)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here