Beranda Palembang Besok Seluruh ASN Pemkot Palembang Masuk Kerja, Jika Molor ‘Pulang Kampung’ Diarahkan...

Besok Seluruh ASN Pemkot Palembang Masuk Kerja, Jika Molor ‘Pulang Kampung’ Diarahkan Ambil Cuti Saja

105
0
BERBAGI
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Drs. Ratu Dewa M.Si. (Sumber Foto Google)

Palembang, Beritakajang.com – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dijadwalkan masuk bekerja seperti biasa mulai Rabu besok, 26 April 2023. Namun, diprediksi bakal banyak pegawai yang molor alias memperpanjang masa libur dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah. Sebab, para pelajar baru masuk 2 Mei nanti.

Pertimbangan lain, masuknya ASN ‘nanggung’. Baru ngantor tiga hari, sudah libur lagi. “Tidak apa-apalah, perpanjang libur. Paling juga kena tegur pimpinan,” kata seorang ASN.

Terkait jadwal masuk ASN pasca libur lebaran, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Drs. Ratu Dewa M.Si mengatakan, sesuai ketentuan pemerintah, semua ASN memang harus masuk kerja kembali Rabu 26 April 2023. “Yang molor libur, tentu ada sanksi,” katanya.

Namun memang ada arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apa itu?

Dijelaskan Dewa, untuk ASN yang mudik ke kampung halaman, atau cuti lebaran dan belum bisa kembali kerja pada 26 April, diberikan keringanan. Tapi ada syaratnya.

“Syaratnya, tetap harus melapor kepada kepala OPD masing-masing, alasan belum bisa masuk Rabu nanti,” kata Sekda.

Nantinya, para Kepala OPD mengarahkan ASN tersebut untuk mengambil cuti tiga hari alias memperpanjang cuti, 26-28 April. Jika ASN yang mudik tersebut tidak melapor kalau tidak bisa masuk pada 26 April, sudah tentu mendapatkan sanksi tegas.

“Kita punya data siapa saja ASN yang mudik dan ambil cuti di BKPSDM. Ketentuan ini berlaku untuk yang memang pulang kampung saja. Untuk yang di Palembang sudah harus masuk kantor. Kecuali ada klarifikasi atau alasan jelas kenapa tidak bisa masuk,” tegasnya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here