Beranda Palembang Gelar Rakorda II dan Rakerda II, BKPAKSI Fokuskan Pedidikan Alquran dan Keluarga...

Gelar Rakorda II dan Rakerda II, BKPAKSI Fokuskan Pedidikan Alquran dan Keluarga Sakinah

147
0
BERBAGI
Ketua DPD BKPAKSI Kota Palembang Muhammad Iqbal Hamid dan Ketua Pelaksana Rakorda II dan Rakerda II Khoirul Anwar M.Pdi foto bersama usai diwawancarai awak media di JSC Palembang, Ahad (26/2/2023). (Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Badan Koordinasi Pendidikan Alquran dan Keluarga Sakinah (BKPAKSI) se-Kota Palembang menggelar Rakorda II dan Rakerda II yang dilaksanakan di Gedung JSC Palembang.

Untuk Rakorda II dan Rakorda II ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunya, hal ini guna lebih memfokuskan program-program yang telah ada.

Ketua DPD BKPAKSI Kota Palembang Muhammad Iqbal Hamid menyampaikan, BKPAKSI ini sendiri beranggotakan 225 unit TK/TPA yang ada di Kota Palembang. Dan bagi masjid yang memiliki unit TPA, kita akan siap membina mereka.

“Sesuai dengan program kerja kita akan membina TK/TPA yang mau bergabung. Yang jelas untuk tahun ini kita akan lebih memfokuskan pembinaan terhadap keluarga sakinah. Contohnya seperti orangtua yang menunggu anaknya belajar mengaji, dapat juga belajar Quran kepada kita, serta dapat juga berkonsultasi masalah rumah tangga untuk mengurangi mudorat yang ada,” kata Iqbal, Ahad (26/2/2023).

Iqbal juga menyebut saat ini pihaknya memliki dua metode untuk mengajak masyarakat umum yang ingin bergabung.

“Yaitu melalui Majelis Taklim Keluarga Sakinah (MTKS) yang memang dibentuk di tiap-tiap kecamatan yang ada di Kota Palembang, dan membuka konseling yang kita pelopori untuk masyarakat umum dengan waktu yang ditentukan. Namun untuk sementara waktu, konseling ini kita buka di Sekretariat Masjid Al- Falah Kampus,” ujarnya.

Masih Iqbal menuturkan, pihaknya juga sempat kecolongan. Pasalnya ada yang beberapa sekolah-sekolah yang siswanya belum bisa membaca Alquran.

“Untuk itu kita akan membuat program tutor sebaya dengan membina murid-murid di sekolah-sekolah agar dapat menjadi pengajar sesama mereka. Untuk itulah kedepan akan kita gandenga Diknas terkait dan kedepan akan membuat polanya seperti apa untuk menjalankan program tersebut,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana Rakorda II dan Rakerda II Khoirul Anwar M.Pdi, menambahkan, ini dilaksanakan setahun sekali dengan tujuan untuk mempersatukan program-program yang akan dilakukan selama setahun.

“Selain untuk mempersatukan program kerja, kegiatan ini juga dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi antar kepala unit dan kepengurusan yang ada di Kota Palembang,” tambahnya.

Masih Anwar mengungkapkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah sekitar 200 orang, yaitu 130 dari kepala unit dan sisanya dari kepengurusan kecamatan BKPAKSI.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita berharap dapat menyatukan visi dan misi serta semua lini dari kepengurusan kecamatan sampai ke kepala unit, agar dapat menjalankan tugas dan tupoksinya masing-masing,” pungkasnya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here