Beranda Penukal Abab Lematang Ilir Hadapi Musim Kemarau, Kabupaten PALI Mulai Siaga Karhutla

Hadapi Musim Kemarau, Kabupaten PALI Mulai Siaga Karhutla

129
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

Talang Ubi, Beritakajang.com – Jajaran Kepolisian Resort bersama Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan menggelar apel pasukan di halaman Mapolres setempat, Kamis (26/1/2023).

Gelar apel pasukan diikuti oleh berbagai personel, dalam rangka persiapan antisipasi atau penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah kabupaten yang berjuluk Bumi Serepat Serasan.

Pejabat peserta apel gelar pasukan antara lain Wabup PALI  Drs H. Soemarjono, Kasat Samapta Polres PALI AKP Hermanto A.Md, Kanit Turjawali Sat Samapta Polres PALI IPDA Hengki, Kasi Propam Polres PALI AKP Suryadi SIP M.Si.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin SIK MH, Danyon D Brimob Polda Sumsel diwakili IPDA Robianto, Wakapolres PALI Kompol Hardiman SH MH, Kabag Ops Polres PALI Kompol Edwin Aristianto SE SIK MBA MM, Kapolsek Talang Ubi Kompol Darmawan SH, PJU Polres PALI, Danramil 0404-03 Talang Ubi Pelda Karyanto, Kepala Damkar Kabupaten PALI Ibrahim Cik Ading, Kasat Pol PP diwakili Sumarlin dan Plt Kepala BPBD Kabupaten PALI Muhamad Hidayat SP MM.

Dalam kegiatan apel gelar pasukan penanggulangan karhutla itu diikuti dari berbagai kesatuan, antara lain gabungan Sat Samapta, Bhabinkamtibmas, Brimob, TNI, Sat Pol PP, Damkar, BPBD, Dinas Kesehatan, personel Manggala Agni, gabungan PT, Tagana, KPLT, pasukan terdiri satu peleton dari kesatuan masing-masing.

Selaku pimpinan, Wakil Bupati PALI menyampaikan agar seluruh personel apel serius dalam antisipasi dan penanggulangan karhutla.

“Dalam kesempatan ini, perlu saya sampaikan bahwa musim kemarau di wilayah Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten PALI ini akan mengalami masa dimana akan ditandai dengan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Hal ini tentunya perlu pencegahan dan penanganan yang serius dari satuan tugas karhutla sebagai bentuk tanggung jawab,” ujar Soemarjono.

(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

Lebih lanjut Wabup PALI mengatakan bahwa ada beberapa tempat atau wilayah yang memiliki potensi terjadinya kebakaran. Oleh karena itu dia menegaskan dengan dilaksanakan apel gelar pasukan ini, menandakan bahwa pasukan siap dan siaga dalam menghadapi bahaya dan dampak dari kebakaran hutan dan lahan.

Hal yang sama juga disampaikan Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin. Ia berharap dengan dilaksanakan apel gelar pasukan di Mapolres PALI dan mengundang stakeholder terkait agar dalam kegiatan penanggulangan karhutla dapat menyatukan tekad untuk saling bantu serta bahu-membahu dalam kesiap-siagaan bila ada kejadian karhutla, khususnya di Kabupaten PALI.

“Maksud dan tujuan apel gelar pasukan ini juga guna untuk memastikan kesiap-siagaan Kabupaten PALI dalam menanggulangi karhutla, sehingga setiap instansi dan stakeholder yang tergabung di dalam Satgas Karhutla Kabupaten PALI dapat mempersiapkan segala sesuatunya, seperti sarana dan prasarana serta sumber daya yang ada,” tutup Kapolres PALI. (Esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here