Beranda Palembang Kembali, Rektor UTM Jalin MoU dengan Unsri Palembang

Kembali, Rektor UTM Jalin MoU dengan Unsri Palembang

329
0
BERBAGI
Rektor UTM Prof Ahmad Fauzi dan Rektor Unsri Prof. Anis Saggaff saat diwawancari awak media di FH Tower Bukit Besar Palembang, Jumat (10/6). (Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Hari ini Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), bertempat di Fakultas Hukum (FH) Tower Bukit Besar Palembang, Jumat (10/6).

Rektor UTM Prof. Dr. Ahmad Fauzi bin Ismail mengatakan, yang paling penting dari kerjasama ini adalah pihaknya tidak ingin hanya omong kosong saja, tidak ada tindakannya. Namun harus ada realisasinya.  Dimana untuk MoU dengan Unsri ini sendiri telah dilakukan sejak tahun 2007 hingga sekarang.

“Konsep kita adalah teraktualiti. Kita tidak mau MoU ini hanya ambil foto saja, tapi tidak sesuai dengan kenyataan. Untuk MoU dengan Unsri, sudah terjalin selama puluhan tahun dan berdampak positif bagi mahasiswa dan masyarakat, sehingga memberi kepentingan bagi kedua negara,” katanya.

Lanjut Ahmad Fauzi mengungkapkan, dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, baik dari sisi laboratorium dan penelitian.

“Karena tidak ada gunanya ilmu jika tidak diterjemahkan ke masyarakat. Jika suatu hari masyarakat bisa merasakannya, maka bisa untuk ekonomi negara,” ungkap Fauzi kepada awak media.

“Sebagai contoh penelitian dari sisi agro, kita tidak mau pasak bumi punya kita, tapi patennya dilakukan orang bule,” tambah Ahmad Fauzi.

Lebih lanjut Ahmad Fauzi menuturkan, untuk di Sumsel banyak sungai, namun disaat banjir masyarakat kesulitan air bersih.

“Nah itu bisa dilakukan penerjemahannya agar bisa digunakan rakyat. Jika butuh biaya, itu bisa dari kerjasama kedua belah pihak,” tuturnya.

“Target dari MoU lanjutan ini adalah practicality-nya. Kalau ada masalah diselesaikan bersama-sama. Dengan adanya kerjasama ini dapat bersama-sama mendalami budaya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE IPU ASEAN.Eng menambahka, UTM adalah universitas yang masuk 200 perguruan tinggi terbaik dunia. Untuk di Indonesia belum ada.

“Oleh sebab itu, kita menjalin kerjasama dengan UTM. Saya juga alumni UTM. Dengan adanya MoU ini maka kita akan saling melengkapi,” pungkasnya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here