Beranda Ogan Komering Ilir Kodim 0402/OKI Cat Ulang Monumen Patung Pejuang Serma Abdul Muis

Kodim 0402/OKI Cat Ulang Monumen Patung Pejuang Serma Abdul Muis

124
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Kodim 0402/OKI bekerja sama dengan Perangkat Desa Batun Baru dan masyarakat setempat melaksanakan karya bakti pengecatan dan pembersihan monumen patung pejuang Serma Abdul Muis yang berada di Desa Batun Baru Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI, Selasa (7/11/2023).

Komandan kodim 0402/OKI diwakili Kasdim 0402/OKI Mayor Czi Saipul Anwar mengatakan, karya bakti ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023, yang dilaksanakan rutin tiap tahunnya.

“Ini wujud kita mencintai para pahlawan dan upaya menanamkan nilai-nilai kejuangan pada masyarakat, khususnya para generasi muda. Adapun kegiatan yang kita lakukan adalah mengecat monumen Patung Serma Abdul Muis serta membersihkan diseputaran monumen,” kata dia.

“Kegiatan pembersihan dan pengecatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap para pejuang kemerdekaan dan pendahulu yang rela berkorban demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu pula untuk mengingatkan kami yang masih berdinas aktif di TNI AD dan masyarakat seluruhnya, agar selalu menjaga hasil perjuangan yang telah diraih dengan susah payah sampai saat ini,” ungkap Kasdim.

Kasdim menambahkan, kegiatan pembersihan dan pengecatan monumen patung Serma Abdul Muis ini dilaksanakan swadaya Kodim 0402/OKI dan partisipasi masyarakat Desa Batun Baru.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap ada perhatian dari pemerintah daerah untuk merawat dan memelihara monumen tersebut, terutama masalah kebersihannya. Siapa lagi yang akan merawat dan memeliharanya kalau bukan kita semua, sebagai bentuk wujud penghargaan kita terhadap para pahlawan dan pejuang bangsa. Kami bangga di wilayah OKI ada pahlawan yang gagah berani,” tandasnya.

Perlu diketahui monumen tersebut didirikan pada tahun 1984 untuk mengenang sosok Serma Abdul Muis, pejuang syahid yang menyelamatkan Jejawi dari serangan tentara NICA (Netherland Indies Civil Administration – Pemerintahan Sipil Hindia Belanda) pada tahun 1947. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here