Beranda Ogan Komering Ilir Ketua DPRD OKI: Pentingnya Menerapkan Nilai Pancasila di Zaman Modernisasi

Ketua DPRD OKI: Pentingnya Menerapkan Nilai Pancasila di Zaman Modernisasi

190
0
BERBAGI
(Sumber Foto IG sekretariat.dprdoki)

Kayuagung, Beritakajang.com – Ketua DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir OKI Abdiyanto Fikri SH MH mengikuti upacara peringatan Hari Pancasila 2022 secara virtual, Rabu (1/6).

Pada kesempatan tersebut, Abdiyanto Fikri mengungkapkan peringatan hari lahir Pancasila sebagai rasa syukur dan terima kasih kepada para pahlawan bangsa Indonesia yang merangkum sejumlah perbedaan menjadi persamaan serta memiliki cita-cita yang sama untuk bangsa Indonesia.

“Pentingnya menerapkan nilai Pancasila di zaman modernisasi sebagai salah satu upaya menjaga persatuan, kemajemukan serta harmonisasi antar sesama masyarakat, yang mana pola komunikasi saat ini sangat jauh berubah sehingga sangat rentan menimbulkan gesekan jika kita lupa akan dasar dalam bernegara,” ujar dia.

Abdiyanto Fikri juga menyebutkan lembaga dewan saat ini mengambil peranan dalam merawat, menjaga dan membumikan Pancasila yang dibentuk dalam suatu kegiatan rutin, baik pimpinan dan anggota DPRD itu sendiri.

Sementara dalam kesempatan tersebut, Presiden RI. Ir. Joko Widodo selaku inspektur upacara berpesan untuk membumikan nilai-nilai Pancasila.

Presiden menyampaikan, peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini sendiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan, globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan .

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi. Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata dia.

Lebih lanjut Presiden menyampaikan, ideologi revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara, interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat. Kemudian ini bisa digunakan oleh ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok tanpa mengenal lokasi dan waktu.

“Dalam menghadapi semua ini, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dalam memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0. Dan sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan.”

“Saya mengajak kepada seluruh aparat pemerintahan, toko agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ungkap Presiden Jokowi. [Ron]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here