Beranda Hukum & Kriminal Tiga Sahabat Ini Nekat Curi Aki Mobil

Tiga Sahabat Ini Nekat Curi Aki Mobil

191
0
BERBAGI
Ketiga pelaku saat diamankan polisi. [Sumber Foto Beritakajang.com/Andre]

Palembang, Beritakajang.com – Bermodalkan satu buah tang, tiga sahabat nekat melakukan pencurian aki mobil di Jalan OPI Raya Ruko Asoka, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Jakabaring, Kota Palembang pada 22 Desember 2021 lalu sekitar pukul 07.30 WIB.

Akibatnya tiga sahabat ini harus berurusan dengan pihak berwajib usai korban Zulhamsyah (29), warga Jalan Pipa Pertamina Kecamatan Jakabaring membuat laporan ke SPKT Polrestabes Palembang.

Para pelaku dijemput anggota Unit Pidana Umum (Pidum) bersama Tekab 134 Satreskrim Polrestabes Palembang di kediamannya masing-masing, Senin (3/1) sekitar pukul 15.00 WIB.

Ketiga pelaku yakni Andi Gunawan (19), Amrulah alias Ambul (21) dan Ismail alias Mail (21), warga Jalan Pangeran Ratu, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Jakabaring, Palembang.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra melalui Kasat Reskrim Kompol Tri Wahyudi mengatakan, bahwa pencurian yang dilakukan para pelaku sudah direncanakan oleh para pelaku.

“Para pelaku ini dari keterangannya ke anggota kita bahwa ide pencurian datang dari pelaku Firman (DPO), saat itu mereka sedang kumpul di rumahnya di Jalan Pangeran Ratu Kecamatan 15 Ulu, Kecamatan Jakabaring,” ujarnya, Selasa (4/1).

Kemudian para pelaku melakukan aksinya di tempat kejadian perkara (TKP), sesampai di tempat tujuan mereka berbagi tugas dalam melakukan aksinya.

Mereka ini dari hasil interogasi anggota kita berbagi tugas, dimana ketiga pelaku ini mengawasi dan pelaku Firman (DPO) sebagai esekutor dalam aksi pencurian tersebut. Kemudian hasil curian tersebut, lanjut dia mengatakan, mereka berbagi rata dan dihabiskan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Atas ulahnya pelaku terancam hukuman penjara di atas 5 tahun, sedangkan pelaku Firman dan penadah barang curian masih dalam pengejaran anggota kita,” katanya.

Sementara itu, pelaku Andi mengakui perbuatannya melakukan pencurian aki bersama teman-temannya. “Saya melakukan aksi pencurian itu bersama para pelaku dan ide sendiri dari Firman,” aku dia.

Dirinya menjelaskan, bahwa peran ia bersama dua temannya hanya mengawasi, sedangkan esekutor adalah Firman.

“Setelah berhasil mengambil aki, kami kembali ke rumah pelaku Firman. Dan besoknya pelaku Firman bersama pelaku Ambrulah menjual aki. Hasilnya kami berbagi Rp 50 ribu per orangnya,” tutup dia. [Andre]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here