Beranda Muaraenim Nasrun Umar Ikut Hadir dalam Renungan Suci di TMP Ksatria Pertiwi

Nasrun Umar Ikut Hadir dalam Renungan Suci di TMP Ksatria Pertiwi

442
0
BERBAGI
Pj Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar [kanan] saat berada di Taman Makam Pahlawan Ksatria Pertiwi. [Sumber Foto : Beritakajang.com/Muskarel]

Muara Enim, Beritakajang.com  – Sebagai bentuk penghormatan atas tanda jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan juga memperingati Hari Ulang Tahun [HUT] Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun 2021. Selasa (17/8) tepat pada pukul 00.00 WIB, Pj Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar bersama Forkopimda dan Penjabat Sekretaris Daerah Drs. Emran Tabrani, M.Si melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan [TMP] Ksatria Pertiwi, Komplek Rumah Tumbuh Muara Enim, dimana Dandim 0404 Muara Enim  Letkol Inf Erwin Iswari, S.Sos M.Tr.(Han) bertindak langsung sebagai inspektur upacara.

Pada pukul 00.00 WIB, suasana pun langsung hening seketika semua penerangan dipadamkan, kemudian obor dan lilin pun dinyalakan oleh anggota Pramuka yang menjadikan suasana semakin hikmat.

Prosesi upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, kemudian dilanjutkan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh inspektur upacara. Setelah itu mengheningkan cipta dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan. Kegiatan apel ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Usai acara apel kehormatan, Pj Bupati yang akrab disapa HNU menyampaikan bahwa pada peringatan HUT kemerdekaan RI ke 76 tanggal 17 Agustus 2021 tahun ini akan menjadi catatan sejarah yang tidak akan pernah terlupakan oleh kita semua.

“Dan pada peringatan tahun ini juga, akan menjadi momentum yang paling diingat oleh kita semua, karena kita melaksanakan HUT kemerdekaan di tengah cobaan pandemi Covid-19,” ujar HNU.

Peringatan HUT RI ke-76 ini bukan hanya kegiatan ritualitas semata, tetapi sebagai bahan renungan atas jasa para pahlawan bangsa Indonesia, dan seluruh elemen bangsa yang saat ini berjuang melawan Covid-19, khususnya di Muara Enim.

“Saya yakin, kita bisa mengisi kemerdekaan ini dengan kerja dan karya nyata dalam melawan pandemi Covid-19, serta pandemi ini merupakan tanggung jawab kita semua,” pungkas dia. [Mus]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here