Beranda Banyuasin Lapas Banyuasin Dapat Bantuan Buku dari Dinas Perpustakaan Sumsel

Lapas Banyuasin Dapat Bantuan Buku dari Dinas Perpustakaan Sumsel

403
0
BERBAGI

Pangkalan Balai, Beritakajang.com – Dalam rangka kerjasama layanan perpustakaan, Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Fitriana, S.Sos, M.Si melakukan kunjungan kerja dan berbagi buku ke Lapas Kelas IIA Banyuasin, Kamis (24/6).

Fitriana mengatakan, bahwa kunjungan kerja ini bertujuan untuk pemberian bantuan berupa buku bacaan sebanyak 179 eksemplar untuk warga binaan di Lapas tersebut.

“Kunjungan kami bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tingginya minat membaca dan literasi di Lapas, yang mana jumlah warga binaannya sebanyak 1.396 orang,” kata dia.

Dengan minimnya ketersediaan buku yang ada di perpustakaan di Lapas tersebut, menjadi perhatian kami. Ditambah lagi kebutuhan buku untuk warga binaan di Lapas sangat tinggi, sementara buku yang tersedia semuanya masuh stok yang lama, belum ada update judul baru. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan buku, dirinya hadir ke Lapas memberikan bantuan.

“Kami juga sekaligus memberikan pembinaan kepada petugas pengelola perpustakaan serta sharing edukasi kiat-kiat membaca buku cepat, menghitung cepat, membaca karakter dari tandatangan dan sidik jari, dan lain sebagainya,” jelas dia.

Fitri berharap, ini dapat dijadikan pusat literasi atau berkegiatan warga binaan dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan yang bisa menghasil produk berupa barang atau jasa.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa melalui Kasi Administrasi Kamtib sekaligus Plh Kepala Yudhi Khairudin, mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan buku dari Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel.

“Warga binaan di Lapas ini memiliki antusias yang tinggi untuk membaca buku. Maka dari itu kami bersinergi memfasilitasi sarana dan pra sarana perpustakaan, terutama buku,” ungkapnya.

Yudhi menambahkan, bahwa warga binaannya banyak yang memiliki keahlian. “Diantaranya ada hafiz Quran, membuat tempe dan ada homeband yang berprestasi di tingkat nasional,” tuturnya. (Ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here