Beranda NTB Bupati Lombok Utara Terima Kunker Bupati Belitung

Bupati Lombok Utara Terima Kunker Bupati Belitung

220
0
BERBAGI

Lombok Utara, Beritakajang.com – Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu, SH menerima kunjungan kerja (kunker) Bupati Belitung beserta anggota Forkopimda Kabupaten Belitung Provinsi Bangka Belitung bertempat di aula bupati setempat, Senin (5/4).

Dalam kunjungan itu, Bupati Lombok Utara mengucapkan selamat datang kepada Bupati Belitung, sembari menceritakan historis singkat lahirnya kabupaten termuda di NTB ini.

“Kabupaten Lombok Utara terbentuk tanggal 21 Juli 2008 luas wilayah Lombok Utara 810,39 km2, dan Lombok Utara merupakan pemekaran dari Kabupaten Lombok Barat secara administratif terdiri dari 5 kecamatan dengan 43 desa. Jumlah penduduk kita di Lombok Utara sebanyak 258, 752 jiwa dengan komposisi perempuan 128, 441 jiwa dan laki-laki 130, 211 jiwa,” tuturnya.

Selain itu, H. Djohan Sjamsu juga menyampaikan potensi sumber daya alam sebagai andalan aspek pariwisata di Kabupaten Lombok Utara yakni, destinasi wisata Tiga Gili Trawangan, Meno dan Air, adapun wisata air terjun diantaranya seperti Sendang Gila, Tiu Kelep, Tiu Pupus, Tiu Pituq, Tiu Teja, Tiu Sekeper, Kampung Wisata Kerujuk dan lainnya. Sementara itu destinasi wisata budaya religi terdiri dari Masjid Kuno Bayan, Balai Adat Segenter, Balai Beleq Gumantar, Masjid Sesait, Tradisi Bisoq Beras, Mandi Safar dan lainnya.

Orang nomor satu di KLU ini juga menguraikan potensi kewirausahaan dalam mendukung program pembangunan daerah dengan pengembangan ekonomi kreatif melalui sektor UMKM, dan membangun kemitraan dengan BUMDES.

Di akhir sambutannya, bupati mengucapkan terimakasih kepada Bupati Belitung dan jajaran Forkopimda atas dipilihnya KLU sebagai tujuan kunjungan kerjanya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Bupati Belitung H. Sahnan Saleh S.Sos dalam sambutannya menyampaikan, Lombok Utara ada kesamaan dengan Belitung, yakni sama-sama penghasilan terbesar dari sektor pariwisata, hanya saja dari pengamatannya Kabupaten Lombok Utara daerahnya lebih berkembang dari Belitung.

Bupati Belitung juga menceritakan bahwa sebelum menjadi provinsi sendiri, Kepulauan Bangka Belitung merupakan bagian dari Provinsi Sumatra Selatan. Saat ini, daerahnya juga sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata yang didukung dengan adanya bandara internasional.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian cinderamata antara dua pimpinan daerah serta forkopimda, dan dilanjutkan dengan foto bersama. (Yoan/Kominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here