Beranda Musirawas Tiga Titik Jalan Nasional di Mura Langganan Banjir

Tiga Titik Jalan Nasional di Mura Langganan Banjir

247
0
BERBAGI

Musi Rawas, Beritakajang.com – Sedikitnya terdapat tiga titik jalan nasional yang ada di Kabupaten Musi Rawas (Mura), Sumatera Selatan (Sumsel) yang menjadi langganan banjir saat musim hujan. Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mura, Adi Winata, kepada awak media, Rabu (17/2).

“Sedikitnya ada tiga titik jalan nasional yang rawan terendam banjir saat musim penghujan, yakni di Desa Sungai Pinang, Desa Semeteh dan Desa Bingin Jungut,” kata Adi.

Menurutnya, jalan tersebut memang berada di dataran rendah, sehingga otomatis ketika air sungai meluap, maka akan merendam jalan tersebut. Hanya saja, untuk saat ini kendati volume air sungai naik, namun belum berimbas ke badan jalan.

“Kalau sekarang debit sungai memang mengalami kenaikan, tapi belum sampai meluap ke jalan. Tapi kita tetap waspada dan antisipasi, karena curah hujan di Kabupaten Mura saat ini tidak menentu,” jelasnya.

Selain jalan yang rawan terendam banjir, sambungnya, ada juga beberapa titik jalan yang dianggap rawan longsor, seperti di Kecamatan Muara Kelingi dan Kecamatan Muara Lakitan. Namun, sejauh ini masih dalam kondisi aman.

“Tapi tetap kita harus persiapkan untuk mengantisipasinya. Salah satunya dengan bersama pemerintah desa (pemdes), karena bencana alam tidak terduga jika terjadi kita ambil tindakan cepat untuk pemasangan rambu lalulintas,” paparnya.

Mengenai keberadaan rambu lalulintas, maka dirinya mengakui untuk rambu saat ini masih ada dan jika memang nantinya dibutuhkan akan ditambah lagi. Karena banyak rambu yang sifatnya tidak permanen.

“Kalau rambu sudah ada di setiap kondisi jalan, seperti peringatan ada tikungan, jembatan dan jalan rawan lingsor ataupun rawan kecelakaan. Tapi, nanti ketika masih dibutuhkan, akan kita tambah lagi,” pungkasnya. (Dep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here