Beranda Hukum & Kriminal Demi Beli Baju Baru, Bayu Nekat Bongkar Rumah

Demi Beli Baju Baru, Bayu Nekat Bongkar Rumah

280
0
BERBAGI

Palembang, Beritakajang.com – Jajaran anggota Buser Polsek Plaju meringkus pelaku bongkar rumah di kediamannya, Senin (15/2) sekitar pukul 10.00 WIB.

Namun saat akan ditangkap, pelaku Bayu Rizky (23) warga Jalan Kapten Robani Kadir Lorong Hikmah 3, Kecamatan Plaju Palembang ini, mencoba melarikan diri hingga diberikan tindakan tegas terukur oleh petugas.

Pelaku Bayu menuturkan, bahwa demi untuk membeli baju ia nekat melakukan aksi bongkar rumah. “Saya bongkar rumah itu demi untuk membeli baju dan memenuhi kebutuhan sehari-hari saya,” ujarnya, Selasa (16/2), saat press release di Mapolsek Plaju Palembang.

“Modus saya berpura-pura menginap di rumah korban, karena antara saya dan korban saling kenal jadi memuluskan saya untuk melakukan aksi itu,” katanya.

Setelah korban tertidur pulas, ia membawa kabur ponsel milik korban merk Vivo. “Setelah dapat ponsel korban, saya kabur dan menjualnya hingga bisa membeli baju serta memenuhi kebutuhan sehari-hari saya,” ungkap dia.

Dirinya menuturkan, bahwa sudah melakukan aksi bongkar rumah sebanyak dua kali. Dan aksi penggelapan motor satu kali yang terjadi pada 7 Februari 2021 di Jalan Kapten Robani Kadir, Lorong Hikmah 3, Kecamatan Plaju Palembang, dengan korban Ayub Pangestu.

“Untuk penggelapan itu punya adik saya sendiri, dimana saya meminjam motor Yamaha Mio S nopol BG 5003 ACU kepada korban. Motornya sempat saya gadaikan, tapi sudah saya tebus kembali,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Plaju IPTU  Novel Siswandi Kurniawan mengatakan, bahwa pelaku merupakan spesialis bongkar rumah dan juga merupakan residivis bongkar rumah dan curanmor.

“Pelaku sudah dua kali keluar masuk penjara dengan kasus sama, dan juga aksi penggelapan motor,” jelasnya di sela-sela press release di halaman Mapolsek Plaju Palembang.

Ia menjelaskan, tertangkapnya pelaku atas dua laporan korban, sehingga anggota Buser Polsek Plaju yang dipimpin Kanit Reskrim IPTU Abdul Wahab berhasil mengamankan pelaku di kediamannya.

“Anggota kita berhasil mengamankan pelaku, tapi saat akan ditangkap pelaku mencoba melarikan diri dan anggota sudah memberikan peringatan, tapi tidak dihiraukan. Hingga anggota kita memberikan tindakan tegas terukur,” aku dia.

Kemudian pelaku langsung dibawa ke rumah sakit, kemudian dibawa lagi ke Mapolsek Plaju Palembang. “Selain mengamankan pelaku, anggota kita turut mengamankan satu buah motor Yamaha Mio S milik korban, satu buah baju kaos serta satu buah ponsel,” tutupnya. [Andre]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here