Beranda HL Modus Meminta Sumbangan, Aqui Diamankan Polisi

Modus Meminta Sumbangan, Aqui Diamankan Polisi

391
0
BERBAGI

Palembang, Beritakajang.com – Tim Hunter Alfa 1 Sat Sabhara Polrestabes Palembang dipimpin IPDA Sunarto berhasil mengamankan seorang pelaku peminta sumbangan, dengan modus sumbangan kebakaran kepada sopir truk yang melintas di kawasan Macan Lindungan.

Kasat Sabhara Polrestabes Palembang AKBP Sony Triyanto melalui Danru Hunter Alfa I IPDA Sunarto mengatakan, banyaknya laporan dari masyarakat mengenai aksi pemalakan dengan modus sumbangan di kawasan Macan Lindungan, ia bersama anggotanya pun langsung mendatangi TKP.

Setelah mendatangi ke lokasi, IPDA Sunarto bersama anggotanya melihat seorang pelaku yang meminta uang kepada sopir truk sambil membawa kardus yang bertuliskan ‘tolong sumbangan kebakaran dengan sukarela’.

Kemudian saat akan didekati, laki-laki tersebut mencoba melarikan diri dan berhasil ditangkap anggota.

“Setelah kami lihat isi di dalam kardusnya, ditemukan uang hasil minta-minta sebesar Rp 130 ribu,” ujar IPDA Sunarto, Jumat (11/12).

Lanjut Sunarto menjelaskan, dilihat dari kejauhan tidak ada tanda-tanda kekerasan pada saat pelaku meminta-minta. “Tidak ditemukan senjata tajam dari pelaku,” katanya.

Modusnya setelah lampu merah, pelaku langsung menghampiri sopir truk di TKP, dan langsung menyodorkan kardus yang ia bawa. Diketahui pada saat menjalankan aksinya, pelaku seorang diri.

“Selanjutnya pelaku dan barang bukti kami bawa ke Polrestabes Palembang dan diserahkan ke SPKT untuk ditindaklanjuti,” tutupnya.

Sementara itu pelaku Aqui (27), warga Kertapati ini mengatakan, uang tersebut digunakan untuk makan anak istrinya, lantaran ia tidak mempunyai pekerjaan. Sebelumnya, ia menjual kantong plastik di Pasar 16, dan pernah bekerja sebagai tukang bangunan, namun sekarang tidak lagi bekerja.

Ia menjelaskan, alasannya meminta uang dengan kata-kata sumbangan kebakaran agar masyarakat lebih mengasianinya dan memberi uang.

“Saya tidak memaksa, kalau tidak dikasih ya saya pergi. Saya sudah melakukan aksi itu hampir satu pekan ini, dan satu hari biasanya saya mendapatkan uang Rp 150 ribu,” ucapnya. [Andre]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here