Beranda HL Curi Kotak Amal Masjid, Buchori Diamankan Polisi

Curi Kotak Amal Masjid, Buchori Diamankan Polisi

276
0
BERBAGI

Palembang, Beritakajang.com – Jajaran anggota Reserse Polsek Kertapati dibantu oleh warga berhasil menangkap pelaku pencurian kotak amal Masjid Jamik Nurul Yakin di Jalan Ki Kemas Rindo, Kelurahan Baru, Kecamatan Kertapati Palembang, Kamis (29/10) sekitar pukul 17.00 Wib.

Pelakunya yakni Muhammad Buchori (39), warga Jalan Naga Swidak, Lorong Rukun II, Kelurahan 14 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang.

Kapolsek Kertapati IPTU Irwan Siddik mengatakan, tertangkapnya pelaku berkat kerjasama dengan warga melakukan pengintaian terhadap pelaku.

“Sebelum menangkap pelaku, kita melakukan pengintaian bersama warga, sehingga pelaku tertangkap tangan melakukan pencurian kotak amal di tempat kejadian perkara (TKP),” ujarnya, Jumat (30/10/2020).

Sebelumnya, pelaku juga beraksi di tempat yang sama pada Senin (26/10/2020) sekitar pukul 11.00 Wib. “Waktu kejadian kita mendapatkan informasi bahwa pelaku memanfaatkan situasi yang sepi pelaku masuk ke masjid, dan merusak gembok kotak amal dan mengambil sejumlah uang kotak amal,” katanya.

Namun aksi pelaku disaksikan oleh saksi Kurnia, ditambah adanya rekaman CCTV. Kemudian pelaku kembali lagi pada Selasa (27/10/2020) sekitar pukul 14.30 Wib untuk kembali melakukan aksi pencurian kotak amal.

Namun aksi pelaku gagal dikarenakan adanya kumpulan anak remaja. “Atas kejadian pihak pengelola masjid melaporkan kejadian itu ke Polsek Kertapati. Atas laporan tersebut, kita berkoordinasi dengan warga setempat melakukan pengintaian terhadap pelaku,” ungkapnya.

Sehingga pada Kamis (29/10/2020) sekitar pukul 17.00 Wib, pelaku tertangkap tangan oleh warga bersama pihak Polsek Kertapati pada saat akan melakukan aksi pencurian, kemudian pelaku dan barang bukti dibawa dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Untuk barang bukti yang kita amankan yakni satu buah kotak amal, dua buah gembok, satu buah kemeja panjang, satu buah tas ransel, dan satu unit sepeda motor Supra X,” tutupnya. [Andre]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here