Beranda HL Antisipasi Ancaman Karhutbunla, Kodim 0402/OKI Gelar Apel Siaga

Antisipasi Ancaman Karhutbunla, Kodim 0402/OKI Gelar Apel Siaga

349
0
BERBAGI

Kayuagung, Beritakajang.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI melaksanakan apel siaga dalam menghadapi ancaman bencana kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla) dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kabupaten Ogan Ilir (OI), bertempat di lapangan Makodim 0402/OKI, Senin (15/6/2020).

Apel siaga karhutbunla dipimpin langsung Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI Letkol CZI Zamroni S.Sos.

Dandim menjelaskan, apel tersebut dilaksanakan guna memastikan kesiap-siagaan personel maupun materil dalam menghadapi ancaman bencana karhutbunla.

Menurut Dandim, meski dalam suasana pandemi Covid-19, kesiap-siagaan personel dan materil sangat perlu dilakukan.

“Hari ini kita menggelar apel siaga dalam rangka memastikan kesiap-siagaan personil kita yang nantinya akan melakukan pencegahan dan penindakan karhutbunla,” jelas Dandim.

Mengingat saat ini, lanjut Dandim, sudah mulai memasuki musim kemarau yang indentik dengan bencana karhutbunla.

“Kita semua tahu bahwa wilayah Kabupaten OKI sebagian besar adalah lahan gambut yang rentan sekali terbakar, begitu juga Ogan Ilir. Untuk itu kita mengantisipasi lebih awal,” ungkap Dandim.

Masih kata Dandim, berdasarkan prediksi terakhir terhadap kondisi cuaca oleh Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, diperkirakan mulai cuaca panas di tahun 2020 di Sumatera Selatan akan berlangsung awal Juni 2020, dengan kondisi suhu panas dan kering yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan.

“Kita akan terus melakukan patroli rutin di wilayah Kabupaten OKI-OI dan mensosialisasikan serta mengimbau kepada masyarakat dan pihak perusahaan yang berada di wilayah rawan karhutla, tentang bahaya serta dampak yang akan ditimbulkan dari karhutla itu sendiri,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan alat peralatan pendukung guna menunjang aksi pemadaman kebakaran di lapangan.

“Dalam menunjang aksi yang dilaksanakan, selain menyiagakan personel, kita juga menyiapkan materil diantaranya sepeda motor dinas untuk menyisir wilayah yang sulit dijangkau serta kendaraan roda 4 untuk membawa sarana penyedot dan penyembur air,” bebernya.

Dengan kesiapan semua ini, Dandim berharap dapat bergerak dengan cepat menuju lokasi kebakaran untuk segera melakukan pemadaman.

“Semoga dengan kesiapan ini kita dapat mengantisipasi serta meminimalisir bencana karhutbunla di wilayah OKI dan OI,” pungkasnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here