Beranda Palembang Unsri Umumkan PMB Untuk Jalur SNBT dan Jalur SM

Unsri Umumkan PMB Untuk Jalur SNBT dan Jalur SM

23
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang/Daud)
Palembang, Beritakajang.com – Usai Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Universitas Sriwijaya (Unsri) kembali mengumumkan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Jadwal Jalur Seleksi Mandiri (SM Unsri).
Hal itu dikatakan oleh Rektor Unsri Prof. Dr. Taufik Marwah, SE., M.SiĀ  didampingi Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. H. Rujito Agus Suwinyo, M.Agr dan Ketua Bidang Humas SNBP, SNBT dan SM Unsri Prof. Dr. H. Zulkifli Dahlan, M.Si., DEA dalam keterangan persnya di Gedung UPT Bahasa, Unsri, Kamis, (13/6/2024).
Ia mengatakan bahwa Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang disoroti secara nasional, Unsri memastikan tidak ada kenaikan UKT. Dan semua tetap sama bahwa untuk jalur prestasi dari 1.738 mahasiswa, sekitar 600 an mendapatkan KIP yaitu gratis dan diberikan uang saku. Sedangkan untuk jalur SNBT sama semua berdasarkan kemampuan orang tua yaitu diberlakukan UKT 1 sampai UKT 8. Sementara UKT Mandiri semua sama disesuaikan program studi.
Terkait dengan PMB Unsri tahun akademik 2023-2025 total menerima 8.690 mahasiswa sesuai dengan daya tampung. Sebagaimana tahun sebelumnya PMB ini dilakukan dengan tiga jalur yaitu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dengan daya tampung 20 persen atau sebanyak 1738 mahasiswa. Dan dari yang mendaftar ulang dan mendapat nomor induk sebanyak 1.680 mahasiswa.
“Sedangkan hari ini adalah pengumuman untuk jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes yaitu dengan kuota 50 persen dari daya tampung atau sekitar 4.345 mahasiswa,” jelasnya.
Bagi yang telah dinyatakan lulus agar bisa mengakses laman resmi di https://SNBT.unsri.ac.id hari ini. Setelah mengakses bisa melakukan registrasi ulang. Bagi yang belum diterima jalur SNBT tak perlu khawatir dan bisa mencoba jalur Seleksi Mandiri (SM).
Taufik Marwah menambahkan bahwa untuk jalur SM sudah mulai disosialisasikan. Untuk jalur mandiri ini, Unsri menerima mahasiswa sesuai daya tampung yaitu 30 persen atau sekitar 2.607.
Sementara Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. H. Rujito Agus Suwinyo, M.Agr menambahkan bahwa pada jalur SM berbeda dengan tahun sebelumnya yang bersama dengan PMB dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal ini selaras dengan kebijakan baru yaitu Permendikbud Ristek 63 tahun 2023. Jadi tahun ini jalur SM Unsri ini benar-benar mandiri.
“Dan perlu diingatkan bahwa bagi calon mahasiswa yang diterima SNBT tidak diperkenankan untuk ikut tes jalur lain, untuk menghindari kursi kosong. Akan namun bagi yang diterima SNBT tapi tak daftar ulang boleh ikut jalur SM,” jelasnya.(MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here