Beranda Banyuasin Sat Binmas Polres Banyuasin Lakukan Penilaian Pos Kamling di RT 09 Desa...

Sat Binmas Polres Banyuasin Lakukan Penilaian Pos Kamling di RT 09 Desa Lubuk Lancang

16
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang/Pirman)
BANYUASIN,Beritakajang.com- Guna menjaga Sitkamtibmas yang tetap aman dan kondusif jelang Pilkada serentak 2024, jajaran Polres Banyuasin Polda Sumsel  melalui Satuan Binmas menggelar lomba Satkamling (Satuan keamanan lingkungan) di wilayah hukum Mapolres Banyuasin.
Penilaian ini dilakukan di empat zona yakni di Kecamatan Suak Tapeh, Kecamatan Betung, Kecamatan Pulau Rimau dan Kecamatan Tungkal Ilir. Untuk Kecamatan Suak Tapeh yang dilakukan penilaian Pos Kamling RT 09 dusun III Desa Lubuk Lancang yang telah meraih juara 1 tingkat Polsek Betung.
Turut hadir dalam giat tersebut yakni Camat Suak Tapeh Bambang Setiadi SE MSi, Kasat Binmas Polres Banyuasin AKP Yudi Cahyono SH, Kapolsek Betung Iptu Yuli Mishardi SH yang diwakili Kasi Binmas Polsek Betung Iptu Hendra Siahaan didampingi Bhabinkamtibmas Brigpol Nopiadi SH, Babinsa Sertu Adnan, Kades Lubuk Lancang Rusdi Tamrin.
Kasat Binmas Polres Banyuasin AKP Yudi Cahyono SH menjelaskan bahwa salah satu tujuan utama diselenggarakan Lomba Satkamling di wilayah hukum Polres Banyuasin ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk gangguan Kamtibmas.
Selain itu, kata Kasat Binmas, lomba Satkamling tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78 yang jatuh pada 1 Juli 2024 mendatang.
“Hari ini kami telah melaksanakan penilaian di wilayah hukum Polsek Betung – Suak Tapeh tepatnya di Pos Kamling RT 09 dusun III Desa Lubuk Lancang,” kata Kasat Binmas Polres Banyuasin AKP Yudi Cahyono SH saat dikonfirmasi, Rabu (22/5).
Adapun yang akan dinilai pada perlombaan Satkamling ini, sambung AKP Yudi Cahyono, yakni penilaian SDM, kemudian kelengkapan sarana prasarana, giat operasional dan dukungan masyarakat serta pembinaan Satkamling. “Bagi Satkamling yang mendapat juara 1 ditingkat Polsek pada perlombaan ini, nantinya akan di tampilkan di tingkat Polres,”ungkap dia.
Pihaknya berharap, melalui kegiatan ini dapat memotivasi kepada seluruh masyarakat untuk lebih meningkatkan kegiatan ronda malam atau Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di lingkungan masing masing, sehingga terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.
“Karena keamanan bukan hanya menjadi tugas pihak Kepolisian, melainkan keamanan adalah tanggung jawab kita bersama,” ungkap dia.
Terakhir, Kasat Binmas juga meminta kepada seluruh lapisan masyakarat, khususnya menjelang Pilkada serentak 2024 untuk tetap menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan antar warga.
“Silahkan berbeda pilihan. Namun, jangan sampai hal tersebut menjadi polemik yang dapat memecah belah persaudaraan. Tetap kita hidup guyup rukun dan terus jaga kerukunan antar warga,”pungkas dia.
Sementara Kades Lubuk Lancang Rusdi Tamrin kepada aksaranews.co mengungkapkan bahwa ini jadi pembelajaran dan juga menjadi motivasi bagi masyarakat Desa Lubuk Lancang dalam menjaga keamanan dilingkungan masing – masing.
“Saya juga berharap semoga nantinya Pos Kamling di RT 09 dusun III ini nanti bisa menjadi juara di tingkat Polres Banyuasin. Dan saya sangat mengapresiasi para petugas Pos Kamling di RT 09 dusun III yang telah berhasil meraih juara 1 ditingkat Polsek,” ungkap dia.  (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here