Beranda Palembang Kodim 0418/Palembang Adakan Perlombaan Burung Berkicau

Kodim 0418/Palembang Adakan Perlombaan Burung Berkicau

84
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Kodim 0418/Palembang mengadakan perlombaan burung berkicau.

Sebanyak kurang lebih 1.000 ekor burung berbagai jenis diikutkan dalam lomba burung berkicau dengan memperebutkan Piala Pangdam II/Sriwijaya ke-1 tahun 2023 yang digelar di lapangan Jasdam II/Sriwijaya Jalan Tanjung Api-Api, Ahad (5/11/2023).

Lomba kicau mania ini dibuka langsung Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Yanuar Adil yang diwakilkan Kapok Sahli Pangdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Norman Saito.

Dalam lomba kicau mania Piala Pangdam II/Sriwijaya tersebut turut hadir Irdam II/Sriwijaya yang diwakilkan, Dandim 0418 Palembang Letkol Czi Arif Hidayat, Danrem 044/Gapo, Asrendam II/Sriwijaya, para Asisten Kasdam II/Sriwijaya, para Kabalakdam II/Sriwijaya, Pj. Walikota yang diwakilkan beserta Forkopimda, para dewan juri, para pimpinan BUMN, BUMD, para pimpinan perbankkan dan pimpinan perusahaan swasta, dan para peserta lomba kicau burung mania.

Komandan Kodim 0418/Palembang sekaligus ketua panitia atau koordinator, Letkol Czi Arif Hidayat M.Han mengatakan, bahwa lomba kicau mania ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Pangdam terhadap penggemar burung dan pelestarian burung berkicau. Seperti yang kita ketahui bersama, semakin kesini burung berkicau semakin habis, jadi kita bersama-sama melestarikan burung kicau.

“Insya Allah di seluruh Indonesia sudah banyak penangkaran, lomba kicau mania hari ini diikuti oleh banyak peserta mulai dari Aceh, Medan, Jogja, Jabar, dan Palembang. Ada berbagai jenis burung yang diperlombakan seperti murai batu. Adapun kelas-kelasnya, ada murai batu muda, kacer, burung cicak ijo, dan sebagainya,” terang Letkol Czi Arif Hidayat.

Ia berharap lomba kicau mania ini bisa terus dilanjutkan, karena ini merupakan Piala Pangdam II/Sriwijaya yang pertama, kemungkinan bakal ada yang kedua, ketiga, dan seterusnya.

“Harapannya kedepan pesertanya akan lebih banyak lagi, bisa dari luar Pulau Sumatera seperti Makassar dan Bali bisa hadir, kita akan tingkatkan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Brigjen TNI Norman Saito mengatakan, lomba kicau mania memperebutkan piala Pangdam II/Sriwijaya pertama tahun 2023 ini merupakan bentuk komitmen kepedulian dan kontribusi Kodam II/Sriwijaya dalam melestarikan nilai-nilai budaya melalui lomba burung berkicau.

“Lomba ini juga untuk mengedukasi masyarakat melalui pencinta burung berkicau tentang pentingnya pelestarian satwa langkah jenis burung berkicau, serta untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama pencinta burung berkicau,” ucapnya.

Lanjutnya, hobi memelihara burung berkicau semakin meluas di kalangan masyarakat, kecenderungan ini didorong adanya fenomena zero population pada burung berkicau asli Indonesia yang bukan tidak mungkin dalam hitungan dekade kedepan banyak spesies burung berkicau asli Indonesia yang akan punah,

“Lomba ini menjadi salah satu alternatif dalam membantu perkembangan populasi burung berkicau tersebut dengan memelihara burung berkicau yang sekaligus juga dapat menjadi salah satu sarana hiburan positif, karena ada nilai penyelamatan terhadap spesies unggas,” ungkapnya. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here