Beranda Palembang Ratusan Peserta dari Bebagai Daerah Ikuti Seleksi Pemagangan ke Jepang

Ratusan Peserta dari Bebagai Daerah Ikuti Seleksi Pemagangan ke Jepang

141
0
BERBAGI
Darma Bhudi bersama Ketua IKAPEKSI dan IM Jepang serta stakeholder terkait dan seluruh peserta peserta seleksi pemagangan ke Jepang. (Sumber Foto Beritakajang.com/Dino)

Palembang, Beritakajang.com – Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (IKAPEKSI) menggelar pembukaan seleksi nasional pemagangan ke Jepang yang dilaksanakan di UPTD BLKPPKT Disnakertrans Provinsi Sumsel, Senin (20/2/2023).

Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel H. Darma Budhi, yang membuka langsung acara tersebut menyampaikan, seleksi nasional pemagangan ke Jepang yang diselenggarakan IKAPEKSI kali ini diikuti oleh 206 peserta.

“Tadi dipaparkan kurang lebih 3 tahun magangnya ditanggung oleh negara. Ini merupakan orang-orang pilihan, rugi kalau kita tidak ikut serta. Apalagi kalau ada magang ilegal, yang belum selesai dipulangkan, itu sangat disayangkan. Ini resmi ditanggung negara,” ujarnya.

Darma Budhi berharap peserta yang ikut dalam seleksi ini dapat lulus semua dan menghasilkan SDM yang baik. Sehingga setelah 3 tahun mereka magang di Jepang, bisa pulang membuka usaha sendiri atau ikut di perusahaan-perusahaan. Seperti ada yang bekerja di Arab.

“Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, SDM-nya bisa dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar,” kata dia.

Lebih lanjut Darma Budhi menuturkan, pemprov hanya memfasilitasi saja. Karena ini program dari Kemenakertrans.

Ditempat yang sama, Sub Koordinator Pemagangan Luar Negeri Kemenakertrans Sutarno menuturkan, kerjasama pemagangan sudah berjalan 30 tahun, dan selama itu kami sudah memberangkatkan lebih dari 45.000 peserta.

Beberapa tahapan seleksi akan dilakukan sampai sepekan kedepan, antara lain matematika, ada ketahanan fisik maupun wawancara.

“Di Indonesia hampir empat setengah bulan kita berikan pembekalan dulu terkait pembelajaran bahasa dan budaya Jepang. Kemudian mereka berangkat dan 3 tahun magangnya di Jepang. Tujuannya adalah meningkatkan keterampilan bukan mencari uang, karena mereka bukan pekerja migran” jelas dia.

Disisi lain, Ketua DPD IKAPEKSI Sumsel Heriyadi Sajaen ST mengatakan, kerjasama Kemenakertrans dengan IM Japan sudah berjalan selama 30 tahun. Sedangkan kerjasama IKAPEKSI dengan IM Japan berjalan 10 tahun.

“Kegiatan ini yang kedua kalinya untuk di Sumatera Selatan. Dan Alhamdulillah sangat sukses, peserta sampai 206 orang. Untuk itu kita berharap Sumsel dapat menjadi tuan rumah di Pulau Sumatera,” ucapnya

“Untuk peserta kita tidak ada pembatasan kuota. Sedangkan untuk pelaksanaan seleksi itu sendiri dilakukan secara bertahap, mulai hari ini matematika, sampai hari kelima pakai sistem gugur. Tidak ada istilahnya lembar jawaban itu yang menginap atau dikumpulkan dulu,” papar dia.

Heriyadi menuturkan bahwa peserta kali ini berasal dari berbagai provinsi di Sumsel, yaitu Bengkulu, Jambu, Pekanbaru, Sumsel, Lampung dan lainya. Namun 60 persenya berasal dari Sumsel.

“Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti program ini, hanya saja peserta harus memiliki background teknik. Syarat umumnya sehat jasmani dan rohani, seperti tinggi badan, berat badan standar dan usia maksimal 27 tahun, dan bisa berasal dari berbagai tamatan mulai dari SMA, SMK D1, D3 dan S1,” katanya.

“Kita berharap semua adik-adik agar lebih antusias mengikuti program ini, tapi kalau tidak ada peran dari pemerintah kami pun tidak bisa berbuat banyak, karena Sumsel ada 18 kabupaten dan kota. Kalau satu persatu kami turun ke lapangan kemungkinan kami agak kewalahan. Jadi peran pemerintah provinsi, kabupaten/kota sangat kami harapkan, terutama Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi,” pungkasnya. (Dino)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here