Beranda OKI Madira Daftar Tunggu Haji di OKI Capai 20 Tahun

Daftar Tunggu Haji di OKI Capai 20 Tahun

151
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Waiting list atau daftar tunggu haji di Kabupaten Ogan Komering Ilir tercatat semakin lama hingga mencapai 20 tahun.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Kementrian Agama OKI, Samsul, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Mutawali didampingi Staf Pelaksana PHU, Diah.

Diterangkan Diah, panjangnya daftar tunggu haji tidak hanya terjadi di Kabupaten OKI saja, juga dialami kota/kabupaten lainnya di Indonesia.

“Pandemi Covid-19 menjadi penyebabnya lamanya daftar tunggu haji, pasalnya sudah sejak 2020 lalu penyelenggaraan haji ditutup oleh Pemerintah Arab Saudi. Baru pada 2022 ini kembali dibuka,” kata Diah.

Sambungnya, terdata rata-rata per bulan masyarakat yang mendaftarkan haji di Kantor Kementerian Agama OKI bisa mencapai 90 orang.

Ditambahkan Diah, berdasarkan aturan nilai uang awal pendaftaran haji perorang masih ditetapkan sebesar Rp 25 juta, disetor ke bank yang ditunjuk diantaranya Bank Sumsel Babel Syariah dan Bank Syariah Indonesia.

Sementara itu terkait beredarnya informasi bahwa dana haji terpakai untuk uang pembangunan infrastruktur negara, Kemenag OKI menepis isu tersebut.

“Perlu diketahui dana calon jemaah haji yang gagal berangkat dijamin aman tidak terpakai untuk hal-hal lain, buktinya jika jemaah mau membatalkan keberangkatan dan mau mengambil uang setoran mereka selalu tersedia tanpa dipotong apapun. Malah sebaliknya, kalau terpakai pastinya dana haji tidak bisa diambil,” terangnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here