Beranda Palembang Gaet Wisatawan, Jembatan Ampera Bakal Punya Lift

Gaet Wisatawan, Jembatan Ampera Bakal Punya Lift

218
0
BERBAGI
Jembatan Ampera. (Sumber Foto Beritakajang.com/Ines)

Palembang, Beritakajang.com – Warga Kota Palembang dikejutkan dengan adanya pemberitahuan bahwa Jembatan Ampera bakal memiliki tangga otomatis atau lift.

Hal itu bertujuan untuk menyelaraskan pengunjung dan wisatawan untuk bisa menikmati pemandangan sudut kota dari atas bangunan yang telah berusia 60 tahun tersebut.

“Rencananya ada dua unit lift yang bakal dipasang di bagian tengah jembatan,” jelas Satker PJN 3 PPK 3.6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel, Dicky Romansyah, Selasa (8/11/2022).

Pemasangan lift di Jembatan Ampera merupakan program pemerintah merevitalisasi bangunan bersejarah di Bumi Sriwijaya dengan tetap memberikan kesan gagah lewat penguatan struktur bawah jembatan, perbaikan beron dan pilar serta penggantian struktur baja.

“Fasilitas lift ini akan mengantarkan pengunjung ke bagian atas jembatan yang dulunya menjadi ruang operator menaik turunkan bagian tengah jembatan,” bebernya.

Total anggaran revitalisasi Jembatan Ampera mencapai Rp 27 miliar dengan pemasangan dua lift, yang satu lift ditarget mulai beroperasi pada akhir November 2022 dan lift kedua akan dipasang dan digunakan tahun depan.

“Proses perbaikan jembatan merupakan bagian dari hasil tes pengujian struktur yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Pemasangan satu lift di Jembatan Ampera bisa digunakan untuk kapasitas enam orang sesuai pembenahan penguatan struktur penunjang lift, dan untuk pemasangan awal anggaran yang dibutuhkan sementara sekitar Rp 3 miliar.

“Itu sudah termasuk perbaikan struktur jembatannya dan biaya evaluasi konsultan. Saat ini fasilitas lift untuk Jembatan Ampera sedang dikirim dan kemungkinan sampai dalam waktu dekat, yang kemudian akan dipasang secepatnya, karena target operasional lift pertama sudah harus digunakan pada Desember,” jelas dia.

Proses revitalisasi Jembatan Ampera Palembang ternyata sudah dimulai sejak 1,5 bulan lalu secara bertahap, termasuk dari pengerjaan dan pengadaan dana yang dibutuhkan. Sebab, anggaran perbaikan berasal dari anggaran tahun 2022 dan 2023.

“Nantinya, perbaikan Jembatan Ampera akan dilanjutkan pada tahun anggaran 2023. Mana yang belum dilakukan akan dilanjutkan tahun depan,” timpalnya.

Proses pengerjaan sudah sampai direhabilitasi ruangan di atas Jembatan Ampera dari anggaran tahun 2022, dan ruangan tersebut sudah dilakukan pembersihan dan pembongkaran plafon serta dilakukan pengecatan.

“Bagian baja ini kita ganti dengan struktur 345. Volumenya sekitar 4,5 ton dan sekarang sudah hampir selesai. Target keseluruhan selesai pecan pertama Desember mendatang,” pungkasnya. (Ines)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here