Beranda HL Operasi Zebra, Polres Mura Tekankan Imbauan dan Teguran

Operasi Zebra, Polres Mura Tekankan Imbauan dan Teguran

270
0
BERBAGI

Musi Rawas, Beritakajang.com – Operasi Zebra Musi tahun 2020 ini mengusung tema ‘Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dan Kepatuhan Masyarakat Dalam Berlalulintas, Guna Terwujudnya Kamseltibcar Lantas yang Kondusif, serta Melaksanakan Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan dalam Rangka Pentahapan Pemilihan Kepada Daerah tahun 2020 di Tengah Mewabahnya Virus Corona (Covid 19)’.

Terhitung 10 hari dilaksanakannya, Operasi Zebra Musi Tahun 2020 oleh Satuan Lalulintas Polres Musi Rawas (Mura), tindakan yang dilakukan yakni lebih ke preemtif memberikan imbauan dengan rincian 40 persen preemtif, preventif 40 persen dan 20 persen penegakan hukum.

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Mura AKBP Efrannedy melalui Kasat Lantas Polres Mura, AKP Johan Suseno saat dimintai keterangan, Rabu (4/11/2020).

“Ya, lebih kurang sudah satu pekan dilaksanakanya Operasi Zebra, namun yang lebih ditekankan untuk operasi tahun ini lebih ditekankan dengan teguran dan imbauan kepada pengendara untuk lebih mematuhi aturan dalam berlalulintas serta tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19 (corona),” kata Kasat Lantas.

Kasat Lantas menjelaskan, untuk Operasi Zebra Musi 2020 kali ini tindakan yang dilakukan yakni preemtif 40 persen, preventif 40 persen dan 20 persen penegakan hukum.

“Artinya banyak dilakukan imbauan sekaligus teguran kepada pengendara tidak menggunakan helm, pengemudi tidak menggunakan safety belt, melawan arus, serta peneguran masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan,” ujar Kasat Lantas.

Selain itu, anggota Satlantas Polres Mura juga melaksanakan kegiatan bakti sosial (baksos) kepada warga yang membutuhkan. “Yang paling ditekankan penanganan Covid-19, yakni memberikan imbauan sekaligus membagikan masker kepada pengendara dan warga,” tegas AKP Johan Suseno.

Lebih lanjut ia menjelaskan, adapun imbauan dilakukan bukan hanya langsung kepengedara melainkan melalui radio, media cetak, media online dan lain-lain. “Namun khusus yang bertatap muka tentunya memberikan imbauan kepada warga yang sering ada tempat perkumpulan seperti di pasar, di tempat objek wisata serta tempat perkumpulan lainnya,” tutupnya.(Dep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here