Beranda HL ‘Kampung Tangkal Covid-19’ Buatan Polda Sumsel Merambah ke TV Nasional

‘Kampung Tangkal Covid-19’ Buatan Polda Sumsel Merambah ke TV Nasional

275
0
BERBAGI

Palembang, Beritakajang.com – Dikarenakan berhasil membuat inovasi ‘Kampung Tangkal Covid-19’ pertama di Kota Palembang, tepatnya berada di Kompleks Bumi Sako Damai. Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH diwawancarai secara langsung oleh salah satu media televisi nasional Metro TV, Senin (15/6/2020), di ruang kerja Wakapolda.

Dalam petikan wawancara tersebut, Wakapolda mengatakan bahwa ini adalah kerjasama dan inisiatif antara Polda Sumsel dan masyarakat yang ada di Kompleks Bumi Sako Damai, dibantu pihak-pihak terkait seperti dari Dinas Kesehatan, para relawan Covid-19 dan lain sebagainya.

“Ide awal ‘Kampung Tangkal Covid-19’ ini adalah akibat situasi kondisi pandemi Covid-19 dan berkat arahan Kapolri Jenderal Idham Azis, bahwa Polri harus melakukan terobosan kreatif untuk menekan dampak-dampak yang terjadi akibat pandemi corona, seperti dampak kesehatan, ekonomi, sosial dan lain sebagainya,” kata dia dalam wawancara tersebut.

Lanjut Wakapolda, di dalam kampung tangkal ini didirikan juga posko relawan Covid-19 yang siaga untuk membantu masyarakat yang terdampak virus corona.

“Kegiatan dalam ‘Kampung Tangkal Covid-19’ ini ada banyak sekali, masyarakat bisa melakukan kegiatan mengelola lahan kosong seperti berkebun sayur-sayuran, beternak ikan lele dan ikan nila yang langsung dikelola oleh masyarakat. Hasilnya juga langsung dinikmati oleh masyarakat itu sendiri untuk meningkatkan perekonomian,” jelas dia.

“Ada juga kegiatan untuk anak-anak dengan mengisi waktu mereka yang saat ini tidak bersekolah dengan cara belajar bersama. Hal-hal positif yang masyarakat lakukan tetap dalam pengawasan dan mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah dan Dinas Kesehatan, seperti contohnya di depan pintu masuk didirikan fasilitas tempat mencuci tangan dan apabila warga memasuki kawasan Kompleks Bumi Sako Damai harus tetap menggunakan masker untuk menekan penyebaran Covid-19,” tambah dia.

Inovasi kreatif yang dibuat oleh Polda Sumsel tersebut telah mendapatkan apresiasi dan penghargaan yang luar biasa dari Presiden Joko Widodo yang disampaikan melalui Kapolri Jenderal Idham Azis disaat video conference dengan seluruh Kapolda se-Indonesia di Mabes Polri.

“Semoga ‘Kampung Tangkal Covid-19’ yang ada di Kota Palembang ini bisa menginspirasi kota-kota lainnya untuk bersama-sama menekan penyebaran Covid-19 u,” pungkas dia. (Bakrie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here