Beranda OKI Madira M. Refly Resmi Duduki Jabatan Pj. Sekda OKI

M. Refly Resmi Duduki Jabatan Pj. Sekda OKI

620
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H. Asmar Wijaya melantik dan mengambil sumpah jabatan M. Refly S.Sos MM sebagai Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKI.

Refly Dilantik sebagai Pj. Sekda untuk melaksanakan tugas dengan masa jabatan hingga nanti Sekda OKI definitif yakni H. Asmar Wijaya, yang saat ini menjabat sebagai Pj. Bupati OKI, kembali ke jabatan Sekda definitif.

Pelantikan Pj. Sekda OKI ini dilaksanakan di Ruang Rapat Bende Seguguk II Pemkab OKI yang dihadiri oleh jajaran pejabat dilingkungan Pemkab OKI, Senin (4/3/2024).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati mengatakan, pelantikan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dan prosedur serta persetujuan dari Gubernur Sumsel.

“Pelantikan ini hendaknya dapat dijadikan suntikan semangat dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan mempercepat akselerasi pembangunan di OKI. Mari kita bekerja sungguh-sungguh, meskipun Pj tetapi memiliki kewenangan yang sama dengan definitif, jadi penting bagi saudara untuk memastikan pelayanan publik dapat berjalan secara optimal,” kata Asmar.

Ditambahkannya, sekda adalah jabatan strategis dalam mendukung pembangunan pemerintah. Dalam melaksanakan tugas, Pj. Sekda dapat memimpin dan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder, hal ini juga dapat menguatkan komitmen dalam mendorong kinerja organisasi dalam peningkatan pelayanan publik.

“Sekda sebagai nakhoda perangkat daerah harus mampu memastikan dan mengkoordinasikan seluruh jajaran perangkat daerah untuk bekerja secara kolektif atau terkoordinasi, tidak ada OPD yang bekerja sendiri diluar koordinasi sekda. Jadi maksudnya, jika ada program di setiap OPD yang berkaitan juga dengan OPD lainnya harus disinergikan, ini penting agar program dapat berjalan secara maksimal,” katanya.

Asmar juga meminta agar Pj. Sekda segera lakukan percepatan dan akselerasi program yang telah dibuat oleh pemerintah daerah agar pembangunan dapat segera dilakukan, segera meminta kepada seluruh OPD untuk melaksanakan kegiatan.

“Masyarakat tidak bisa menunggu terlalu lama, segera laksanakan program yang telah disusun. Sebagai sekda, ada tanggung jawabnya sebagai nakhoda perangkat daerah, peningkatan kinerja itu akan meningkatkan akumulasi pelayanan daerah.” ujarnya.

Terkait dengan posisi jabatan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten OKI yang lowong ditinggalkan oleh M. Refly, akan segera ditunjuk Pelaksana Harian (Plh).

“Secepatnya akan kita tunjuk Plh, nanti siapa orangnya akan kita tentukan,” tutup Asmar.

Asisten III Pemprov Sumsel, Kurniawan, atas nama pemerintah provinsi mengucapkan selamat atas pelantikan Pj. Sekda OKI. Menurutnya, kedepan tugas sangat berat. Pemkab OKI yang saat ini diisi oleh kepala daerah dari ASN, tentu kita tidak boleh kalah dari daerah lain yang diisi oleh kepala daerah definitif.

“Kita harus kompak, sehingga fungsi dan peran dapat dilaksanakan dengan baik, tidak ada kotak-kotak atau kelompok, semua sama. Pak Sekda ini tugu tubang, jika ada yang dinas luar, sekdanya tunggu kantor,” katanya.

Selain itu, sebagai ketua tim anggaran, maka sekda harus mampu menyelaraskan keinginan eksekutif dan legislatif, sehingga anggaran bisa diselesaikan tepat waktu.

“Jadi tugasnya bukan hanya ke dalam internal saja, tetapi juga bagaimana komunikasi keluar juga harus dibangun dengan baik,” tandasnya.

Sementara itu, Pj. Sekda OKI M. Refly mengaku siap untuk melaksanakan amanah yang diberikan kepadanya dengan sebaik mungkin, dan segera melaksanakan apa yang menjadi arahan dari Pj. Bupati.

“Intinya kita siap untuk melaksanakan apa yang menjadi arahan Pj. Bupati,” tandas dia. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here