Beranda Palembang Dispora Palembang Luncurkan Palembang Youth & Sport Events 2024 serta Aplikasi Si...

Dispora Palembang Luncurkan Palembang Youth & Sport Events 2024 serta Aplikasi Si Mangcek Raga

67
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Palembang, Rabu (7/2/2024), resmi merilis Palembang Youth & Sport Events 2024 dan aplikasi Si Mangcek Raga.

Sebanyak 140 event olahraga dan kepemudaan baik level kota, provinsi, nasional akan digelar pada tahun 2024 ini.

Peluncuran Palembang Youth & Sport Events 2024 dan aplikasi Si Mangcek Raga diresmikan secara langsung Penjabat (Pj) Walikota Palembang Ratu Dewa diwakilkan Asisten II Pemkot Palembang Ahmad Julinto didampingi Kepala Dispora Kota Palembang Isnaini Madani, bertempat di rumah rakyat Jalan Tasik Palembang.

Asisten II Pemkot Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, event olahraga yang telah diselenggarakan di Kota Palembang telah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap kemajuan pembangunan, sehingga menjadikan Kota Palembang dinobatkan sebagai sebagai sport tourism city pertama dan satu-satunya di Indonesia.

“Di tahun 2024 ini sebanyak 140 event gelaran pemuda dan olahraga siap berkum&ang di kota asal pempek ini, semakin banyaknya acara bertaraf nasional maupun internasional akan menjadi medan magnet bagi para wisatawan. Hal ini akan berimbas pada peningkatan pendapatan asli daerah Kota Palembang,” kata Zulinto.

Sementara itu, Kepala Dispora Palembang Isnaini Madani menjelaskan, Palembang Youth & Sport Events 2024 ini men&ai tahun ke-3 sejak inisiasi ini dimulai sekaligus juga meluncurkan aplikasi berbasis smartphone ‘Si Mangcek Raga’.

“Dengan adanya Palembang Youth & Sport Events 2024 ini dapat memberikan kepastian hadirnya berbagai event olahraga dan kepemudaan di Kota Palembang,” katanya.

Oleh karena itu, ia berharap hadirnya berbagai event sepanjang tahun 2024 ini, selain meningkatkan citra Kota Palembang, juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memberikan nilai manfaat yang luas bagi kesejahteraan masyarakat.

Ia menjelaskan, Palembang Youth & Sport Events 2024 serta aplikasi Si Mangcek Raga ditahun 2024 untuk menyampaikan informasi yang seluas-luasnya kepada lembaga dan masyarakat di kota tertua di Indonesia ini.

“Semakin banyak event akan meningkat PAD kita, sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Dikatakan Isnaini, event olahraga yang digelar dinasnya tidak bekerja sendirian, akan tetapi juga melibatkan banyak sektor lembaga dan insan olahraga yang terangkum dalam satu kalender olahraga tahun 2024.

“Kalender Palembang Youth & Sport Events 2024 merupakan hasil seleksi dan pendataan kegiatan yang telah dimulai sejak bulan Januari 2024. Hasil dari kegiatan pencarian dan pendataan event-event ini mencerminkan keragaman dan kekayaan potensi olahraga dan pemuda di Kota Palembang. Dari olahraga tradisional hingga kepramukaan, kalender event tahun ini diharapkan dapat memberikan lansekap komprehensif atas dedikasi Kota Palembang untuk menjaring talenta, mendukung gaya hidup sehat, dan merawat kebersamaan melalui olahraga,” jelasanya.

Aplikasi Si Mangcek Raga

Sementara itu aplikasi ‘Si Mangcek Raga’ yang diluncurkan serentak dengan Palembang Youth & Sport Events 2024 adalah aplikasi untuk mendukung transformasi digital guna mempermudah dan mempercepat proses administrasi, manajemen pemesanan, dan pemanfaatan fasilitas milik Pemerintah Kota Palembang.

Aplikasi ini juga buah kolaborasi antara Dispora Kota Palembang bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang, merupakan inovasi berbasis web dan mobile guna melayani, mendukung dan memfasilitasi semangat berolahraga masyarakat Kota Palembang.

Nah keuntungan dari aplikasi tersebut, kata Isnaini, akan memudahkan mendapatkan informasi mengenai prasarana olahraga yang berada di bawah naungan Dispora Kota Palembang (Lapangan Bola Kamboja, Lapangan Bola Hatta, Lapangan Bulu Tangkis Cempako, Lapangan Tenis Eka Bhakti),

“Akan memudahkan proses reservasi simpel dan mudah, berbekal tampilan yang intuitif dan minimalis, pengguna bisa dengan mudah mencari lapangan yang tersedia, cek ketersediaan lapangan secara realtime, dan memastikan reservasi berjalan lancar dalam waktu singkat,” pungkas dia. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here