Beranda Ogan Komering Ilir Beredar Foto Kades dengan Gibran, Bawaslu OKI Sebut Ada Potensi Pelanggaran

Beredar Foto Kades dengan Gibran, Bawaslu OKI Sebut Ada Potensi Pelanggaran

1181
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/istimewa)

Kayuagung, Beritakajang.com – Beredar sebuah foto Kepala Desa Serigeni Baru Aliaman bersama Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka yang tersebar di platform media sosial (medsos) Facebook.

Dalam unggahan salah satu akun bernama Ayani Yan tampak ia menuliskan ‘semoga pertemuan ini membawa berkah’.

Tulisan sang pemilik akun postingan itu sendiri menjadi ramai, bahkan di like sampai 83 orang. Sementara komentar yang membanjiri postingan tersebut mencapai puluhan dari netizen pengguna akun medsos Facebook.

Menanggapi adanya temuan foto Kades Serigeni Baru Aliaman memakai baju putih dengan atribut ciri khas kades bersama Cawapres Gibran. Ketua Bawaslu Kabupaten OKI Romi Maradona SH.i mengungkapkan, pihaknya mengucapkan banyak terima kasih atas peran serta awak media dalam memberikan informasi dan temuan di lapangan.

Terkait adanya kepala desa yang bersikap tidak netral menjelang Pemilu tahun 2024, kata dia, pihaknya masih akan melakukan kajian.

“Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan media yang telah melaporkan adanya kades di OKI menghadiri acara kampanye salah satu peserta Pemilu,” jelas dia, Selasa (21/11/2023).

Dengan adanya bukti foto tersebut akan ia tindaklanjuti, apakah termasuk pelanggaran atau bukan. “Bisa jadi ada potensi pelanggaran,” ucapnya.

Menurut dia, ketentuan netralitas kepala desa diatur negara, bahkan melalui dua undang-undang sekaligus. Yakni Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Sementara itu, Camat Kayuagung Solahudin mengatakan, terkait adanya temuan foto Kades Serigeni Baru berpose dengan Cawapres Gibran, pihaknya tidak mengetahui sama sekali.

“Mereka pergi tidak ada perintah dari kami, mereka pergi juga tidak tahu sebab, tidak pamitan dengan kami,” kata Camat.

Camat kembali menjelaskan, terkait awak media yang telah berupaya untuk mendapatkan konfirmasi dengan Aliaman, ia menuturkan bahwa nomor handphone yang bersangkutan kena hack.

“Handphone Pak Kades kena hack, sebab saya hubungi tidak aktif juga,” jelasnya.

Sementara itu, sampai berita ini diterbitkan, pihak awak media telah berupaya untuk melakukan konfirmasi dengan Aliaman selaku Kades Serigeni Baru. Akan tetapi yang bersangkutan sulit dihubungi. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here