Beranda Ogan Komering Ilir OKI Masih Jadi Penghasil Asap Terbesar di Sumsel

OKI Masih Jadi Penghasil Asap Terbesar di Sumsel

108
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menjadi pusat produksi asap karhutla terbanyak di Sumatera Selatan (Sumsel).

Hal itu dikatakan Kepala Balai PPI Wilayah Sumatera, Ferdinan Kristanto, saat meninjau pemadaman karhutla di Kabupaten OKI.

Ferdinan mengatakan, pihaknya telah menelusuri beberapa daerah untuk mencari sumber api.

“Kami telah menelusuri Palembang, Ogan Ilir dan OKI. Memang asal produksi asapnya berasal dari Kabupaten OKI,” ucapnya dikutip dari laman krsumsel.com, Rabu (1/11/2023).

Ferdinan juga menyebutkan, pihaknya telah melakukan pemetaan hingga saat ini kawasan Jungkal, Cengal dan Pangkalan Lampam yang saat ini masih berasap.

“Sekarang kami fokus pemadaman lahan yang paling luas dan pertimbangan sumber asap (produksi asap), yakni Jungkal dan Pedamaran,” kata Ferdinan.

Secara tegas Ferdinan menjelaskan, kesulitan yang dihadapi pihaknya ketika persediaan air semakin sedikit.

“Seperti di Jungkal itu airnya semakin sedikit, karena tidak ada hujan sama sekali. Sudah 90 hari Jungkal mengalami hari tanpa hujan,” imbuhnya.

Ferdinan juga menambahkan, kekurangan air tentu menyulitkan pihaknya dalam melakukan pemadaman ke daerah tersebut.

“Saat ini yang terbakar gambut yang cukup dalam, ditambah angin kencang tentunya mempersulit kami dalam pemadaman,” tutup dia. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here