Beranda Banyuasin Minta Hujan, Polres Banyuasin Gelar Sholat Istisqa

Minta Hujan, Polres Banyuasin Gelar Sholat Istisqa

106
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Kemarau panjang melanda yang terjadi sudah kurang lebih empat bulan terakhir ini, membuat Polres Banyuasin gelar Sholat Istisqa meminta hujan, bertempat di halaman Mapolres Banyuasin Polda Sumsel, Jumat (13/10/2023) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan Sholat Istisqa berjamaah ini diinisiasi oleh Polres Banyuasin melalui bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Banyuasin dalam upaya memohon agar segera diturunkan hujan di Kabupaten Banyuasin.

Bertindak sebagai imam Sholat Istisqa Ps Kanit Dalmas 2 Samapta Polres Banyuasin Aiptu M. Ali Nurjani, dan selaku bilal/MC adalah Ps Paurmin Bag SDM Polres Banyuasin Aipda Siswoyo Joko Priyono.

Dalam Sholat Istisqa ini diikuti langsung oleh Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK, Wakapolres Banyuasin Kompol Dwi Satya Arian SH SIK M.Si, Pejabat Utama (PJU) Polres Banyuasin, Kapolsek jajaran, Bintara dan ASN Polres Banyuasin.

Kapolres menjelaskan, bahwa Sholat Istisqa adalah cara yang digunakan untuk memohon pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam menurunkan hujan, terutama ketika musim kemarau berkepanjangan.

Selain itu, mengingatkan para jamaah untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala, sesuai dengan dasar Perkap Nomor 10 Tahun 2018 tentang pembinaan rohani dan mental serta tradisi dilingkungan Polri.

“Untuk itu mari sama-sama memohon ampunan kepada Allah atas segala dosa yang telah diperbuat, dan semoga Allah segera menurunkan hujannya,” ucap Kapolres dalam sambutannya.

Ia menyampaikan harapannya agar hujan segera turun dan mengakhiri kekeringan yang melanda wilayah Banyuasin. Selain itu, dirinya mengingatkan pentingnya mencegah pembakaran lahan dan hutan, karena dapat menyebabkan asap dan dampak negatif terhadap kesehatan manusia serta ekonomi masyarakat.

“Kita sudah mengetahui bahwa dibeberapa kota di Indonesia, termasuk di Kabupaten Banyuasin saat ini sedang dilanda musim kemarau panjang, dimulai dari bulan Januari hingga saat ini. Dan ini sudah berdampak kepada masyarakat,” ujar dia.

Saat ini, lanjutnya, sedang merata mengalami kekeringan, kekurangan air, kemudian terjadi beberapa kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Banyuasin, seperti di wilayah Kecamatan Talang Kelapa maupun daerah-daerah lain di Kabupaten Banyuasin. Tentunya dengan turunnya hujan ini kebutuhan air bagi kita selaku manusia, ternak, maupun tumbuh-tumbuhan dapat terpenuhi.

“Kami dari Polres Banyuasin juga mengajak untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan secara bersama-sama,” tegas dia.

Setelah kegiatan Sholat Istisqa dilaksanakan, dilanjutkan dengan doa bersama memohon diturunkan hujan, memohon rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk dihindarkan dari kebakaran hutan dan lahan, serta memohon keselamatan terhadap anggota Polres Banyuasin dalam bertugas. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here