Beranda Palembang Cegah Parkir Liar Selama Event Lomba Bidar di BKB, Ini yang Dilakukan...

Cegah Parkir Liar Selama Event Lomba Bidar di BKB, Ini yang Dilakukan Dispar Palembang

134
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang memastikan akan melibatkan pihak kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub) dan petugas lainnya selama lomba bidar tradisional dan parade perahu motor hias di Sungai Musi pada Ahad (20/8/2023) nanti, untuk mencegah keresahan warga akan maraknya parkir liar di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang yang dinilai tidak wajar.

Kepala Dispar Kota Palembang Sulaiman Amin mengakui, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Dishub untuk menerjunkan personelnya guna pengamanan dan pengaturan parkir kendaraan di kawasan wisata andalan tersebut.

“Kita sudah mengantisipasinya karena banyaknya laporan warga akan parkir liar di BKB yang tidak wajar. Untuk itu kita melibatkan pihak kepolisian dan Dishub,” jelasnya, Jumat (18/8/2023).

Menurutnya, akan ada lonjakan pengunjung warga lokal dan wisatawan nusantara serta mancanegara untuk menyaksikan langsung event kalender tahunan tersebut yang sebelumnya sempat vakum selama 2 tahun sejak diterjang pandemi Covid-19.

“Jadi jangan takut untuk menyaksikan dari dekat pesta rakyat HUT RI ini langsung dari BKB,” tegasnya.

Dikatakan Sulaiman, event lomba bidar tradisional dan parade perahu hias merupakan event wisata budaya Kota Palembang yang digelar rutin setiap tahun dalam kemeriahan HUT Republik Indonesia oleh Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pariwisata ini, ada peningkatan jumlah peserta yang akan ikut.

“Peserta perahu hias 50 peserta dan sudah konfirmasi 30 peserta dari lingkungan dinas, swasta dan BUMD. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya berjumlah 25 peserta,” katanya.

Sedangkan peserta bidar tradisional yang panjangnya 50 meter dikayuh 55 pendayung ini akan menempuh jarak tempuh 800 meter. Start awal dari Pelabuhan Dishub Palembang 35 Ilir Palembang dan finish di BKB

Sulaiman mengakui, tahun ini menjadi target yang signifikan kunjungan wisata ke kota tertua di Indonesia ini, terlebih sebelumnya hampir seluruh event wisata juga tidak terlaksana karena Covid-19. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here