Beranda Hukum & Kriminal Bhabinkamtibmas Polres OKU Selesaikan Kasus Percobaan Pemerkosaan Melalui Problem Solving

Bhabinkamtibmas Polres OKU Selesaikan Kasus Percobaan Pemerkosaan Melalui Problem Solving

101
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Tanzimi)

OKU, Beritakajang.com – Bhabinkamtibmas Polsek Sosoh Buay Rayap Polres OKU Bripka Adi Iswanto melakukan kegiatan problem solving warga binaan, Sabtu (8/4/2023) siang kemarin.

Sebelumnya telah terjadinya kasus percobaan pemerkosaan oleh IM terhadap LE pada hari Kamis (30/3/2023) lalu.

Dengan adanya permasalahan warga binaan ini, Bhabinkamtibmas bersama kades dan perwakilan dari kecamatan memanggil kedua belah pihak untuk dilakukan musyawarah di kediaman Kepala Desa Rantau Kumpai.

Setelah kedua belah pihak hadir, Bhabinkamtibmas selanjutnya melakukan problem solving atas kasus percobaan pemerkosaan tersebut.

Saat kedua pihak dipertemukan, keduanya telah setuju dan sepakat untuk berdamai. Dalam perdamaian ini, pihak pertama bersedia membayar biaya tepung kepada pihak kedua berupa uang tunai secara cash.

Kemudian kedua belah pihak tidak akan dendam dikemudian hari, pihak pertama dan kedua bersedia untuk diproses secara hukum yang berlaku apabila melanggar keputusan musyawarah yang ditetapkan dalam surat perjanjian.

Setelah kedua belah pihak dapat menyetujui isi surat perdamaian, selanjutnya mereka berdua dan saksi-saksi membubuhkan tanda tangan dalam surat perjanjian.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono SIK MH melalui Kapolsek Sosoh Buay Rayap AKP Prayitno mengatakan, apa yang dilakukan oleh personelnya selaku Bhabinkamkamtibmas, selain tugas sambang rutin, juga dituntut memiliki kemampuan untuk mendeteksi dini gangguan kamtibmas di wilayah binaannya.

Disamping itu juga sudah menjadi tugas Bhabinkamtibmas untuk melaksanakan problem solving pada setiap permasalahan yang terjadi di desa binaannya.

““Tentunya permasalahan atau kasus ringan saja yang dilakukan problem solving, sehingga tidak meluas menjadi konflik sosial dan dapat terciptanya situasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat,” ujarnya kepada Beritakajang.com, Ahad (9/4/2023). (Tanzimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here