Beranda Palembang DPRD Tanggamus Kunker ke Dinas Pertanian Sumsel, Bahas Distribusi Pupuk Bersubsidi

DPRD Tanggamus Kunker ke Dinas Pertanian Sumsel, Bahas Distribusi Pupuk Bersubsidi

166
0
BERBAGI
Pemberian cendramata oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanggamus Bunyamin kepada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel, Kamis (17/11/2022). (Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Kunjungan kerja (kunker) Komisi II DPRD Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung disambut baik oleh Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (17/11/2022).

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanggamus, Bunyamin mengatakan, kunker kali ini untuk meminta informasi terkait masalah pupuk bersubsidi.

“Intinya terkait distribusi pupuk kepada petani. Tentu informasi yang kami dapat disini bisa disampaikan ke Dinas Pertanian Tanggamus agar dapat ditiru. Sehingga pengalokasian pupuk bersubsidi bisa tepat sasaran,” jelas dia.

Lanjut Bunyamin mengungkapkan, untuk penyaluran pupuk bersubsidi ini berbasis data. Kalau datanya sudah masuk dan sesuai, maka bisa mengatasi kelangkaan tersebut.

Sejauh ini, lanjut Bunyamin, setiap musim tanam ada kekurangan pupuk bersubsidi dari petani.

“Saya lihat di lapangan petani kita kurang informasi terkait sistem aturan pemerintah sekarang mengenai distribusi pupuk. Di Tanggamus itu, irigasinya bagus, disini (Sumsel) rawa-rawa tanahnya. Makanya kami lebih memilih Sumsel,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel, Ilfantria mengungkapkan, pihaknya sangat senang mendapatkan kunjungan dari DPRD Tanggamus.

“Di Sumsel para petugas lapangan kita sudah bekerja dengan baik. Sejak tahun 2020, sudah ada 1.400 tenaga honor PPEP dan mereka ditempatkan di desanya membantu pergerakan pertanian, termasuk menyusun RDKK dan sebagainya untuk mengawasi kontrol pertanian,” jelasnya.

“Jadi tingkat sosialisasi kita lebih cepat, karena PPEP di bawah koordinasi Bapak Gubernur langsung melalui Dinas Pertanian. Jadi kita menggerakkan dan memberikan masukan kebijakan pembangunan pertanian langsung ke lapangan. Petugas inilah yang akan mendampingi para petani dalam melakukan tindakan di lapangan,” pungkasnya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here