Beranda Palembang Cegah Kasus DBD Meningkat, Fitrianti Ingatkan Warga Palembang Jaga Kebersihan Lingkungan

Cegah Kasus DBD Meningkat, Fitrianti Ingatkan Warga Palembang Jaga Kebersihan Lingkungan

211
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ines)

Palembang, Beritakajang.com – Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengimbau warga mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Imbauan ini terkait meningkatnya kasus DBD di Kota Palembang karena memasuki musim penghujan.

Hampir sepekan ini, Kota Palembang dilanda hujan. Dari intensitas sedang hingga lebat. Banyak selokan, parit maupun jalan yang tergenang. Genangan ini bisa menjadi sarang nyamuk aedes aygepti, nyamuk penyebab DBD.

“DBD merupakan penyakit yang perlu penanganan cepat dan pencegahan tepat,” kata Fitrianti.

Ia mengimbau agar masyarakat menjaga lingkungan rumah tetap bersih, terutama menjaga kebersihan penampungan air dan bak mandi.

“Sebab, sumber nyamuk paling banyak dari tempat penampungan air. Kebersihan harus tetap dijaga,” ujarnya.

Fitrianti menyampaikan, Pemkot Palembang melalui Dinas Kesehatan kerap mensosialisasikan pencegahan penularan DBD dengan edukasi masyarakat di pemukiman padat.

“Kita ada program edukasi ke 18 kecamatan di Palembang untuk mewaspadai penularan DBD, karena rentan dalam kondisi cuaca seperti ini. Poin penting mencegah penularan DBD ada empat langkah, tapi paling utama adalah menerapkan pola hidup bersih,” jelasnya.

Hingga pertengahan bulan September ini berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Palembang, total ada 673 kasus DBD, lebih tinggi dari tahun lalu.

Sedangkan dari sebaran kasus, dari data yang dibagikan Dinas Kesehatan, lokasi dengan jumlah DBD tertinggi berada di Kecamatan Kalidoni dengan 76 kasus, Plaju dengan 68 kasus, Ilir Timur II dengan 66 kasus, Sukarami dengan 54 kasus, dan untuk kecamatan lain di rentang 15-47 kasus. (Ines)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here