Beranda Musi Banyuasin Oknum Mantan Kades Diduga Alih Fungsikan Rumah Produksi Tahu Jadi Milik Pribadi

Oknum Mantan Kades Diduga Alih Fungsikan Rumah Produksi Tahu Jadi Milik Pribadi

1843
0
BERBAGI
Rumah produksi tahu yang berada di Desa Sialang Agung Kecamatan Plakat Tinggi. [Sumber Foto : Beritakajang.com/Tarmizi]

Sekayu, Beritakajang.com – Diduga rumah produksi tahu yang bersumber dari bantuan pemerintah pusat untuk kelompok usaha kecil dan menengah di Desa Sialang Agung Kecamatan Plakat Tinggi Musi Banyuasin [Muba] beralih menjadi usaha pribadi milik oknum mantan kepala desa [kades].

Hal ini berdasarkan data yang diperoleh oleh tim investigasi media pada saat menemui salah satu pekerja yang berada di rumah produksi tahu yang namanya tak ingin disebutkan. Ia berdalih bahwa rumah produksi tersebut telah lama beroperasi sejak bangunan tersebut didirikan.

“Sudah lama rumah produksi ini kita operasikan. Saat ini dioperasikan oleh Bapak PR yang memang salah satu ketua usaha produksi tahu yang kami kelolah saat ini,” ungkapnya saat diwawancarai, Kamis (2/9).

Ia mengatakan, dahulu memang sempat stop beroperasi, akan tetapi kembali beroperasi yang berkisar kurang lebih 4 bulan. Ia berdalih mangkraknya operasi usaha yang dikelolah akibat sumber air yang tidak mencukupi. Dia juga mengatakan banyaknya komplain dari warga terkait limbah menjadi salah satu hambatannya, akan tetapi telah kita lakukan penyaringan.

“Kalau standar terkait limbah yang diterapkan oleh pemerintah telah kami penuhi, kalau untuk gedung produksi ini kami silahkan siapa yang mau mempergunakan, akan tetapi warga tidak ada yang ingin mempergunakan,” cetusnya.

Disinggung terkait beberapa mesin yang tak berada di tempat, ia tidak mengetahui kemana mesin yang disebutkan. Kemudian kenapa gedung yang berada di sebelah rumah produksi tak berpenghuni dan beberapa fasilitas terkesan tak terawat, ia enggan berkomentar.

Informasi yang dihimpun oleh awak media, terdapat 4 mesin pengelolahan tahu yang diberikan oleh pemerintah pusat dengan beberapa perlengkapan tedmon penampung air bersih serta disokong dengan bantuan pokok material pembuatan tahu. (Tarmizi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here