Beranda OKI Madira Hindari Bahan Pangan Berbahaya, Dinas Perdagangan OKI Gelar Sosialisasi ke Pedagang

Hindari Bahan Pangan Berbahaya, Dinas Perdagangan OKI Gelar Sosialisasi ke Pedagang

337
0
BERBAGI
Bertempat di halaman kantor UPTD Pasar Kayuagung digelar sosialisasi kepada pedagang. (Sumber Foto BERITAANDA.NET)

Kayuagung, Beritakajang.com – Ada kabar gembira bagi pedagang Pasar Kayuagung Ogan Komering Ilir (OKI), jika ingin mengecek apakah dagangannya bebas dari bahan berbahaya seperti formalin, boraks dan pewarna pakaian.

Karena, kini Dinas Perdagangan Kabupaten OKI telah melakukan kerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPPOM) wilayah Sumbagsel.

Dan hari ini, Senin (28/3), bertempat di halaman kantor UPTD Pasar Kayuagung digelar sosialisasi kepada pedagang.

“Kerjasama yang terjalin ini agar tercipta pasar aman berbasis komunitas, sekaligus bimtek tenaga pasar untuk mendeteksi dini pangan bebas dari bahan berbahaya,” kata Agustini, SKM, M.Kes selaku Koordinator Substansi Infokom BBPOM Palembang.

Kegiatan ini akan rutin dilakukan di Pasar Kayuagung, lanjut dia, oleh karena itu kita imbau agar para pedagang untuk tidak segan-segan bila barang dagangannya ragu, karena menduga mengandung formalin, boraks atau zat pewarna pakaian.

“Pelatihan uji pangan bebas dari zat berbahaya ini juga diikuti dari UPTD Pasar Selapan,” jelas dia lagi.

Kepala Dinas Perdagangan OKI Drs. Alamsyah M.Si diwakili Sekretaris Dinas Drs. Legianto ME menjelaskan, program ini akan dilakukan secara rutin untuk memberikan pemahaman agar pedagang sadar akan zat – zat berbahaya itu bagi kesehatan.

“Terutama masyarakat yang mengkonsumsi pangan mengandung zat-zat itu, jika ternyata dibeli dari di Pasar Kayuagung. Kita berkomitmen melakukan dan mendorong kegiatan ini terus berjalan di Pasar Kayuagung,” kata dia. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here