Beranda Palembang Inilah Tiga Calon Ketua Dewan Kesenian Sumsel Periode 2023-2028

Inilah Tiga Calon Ketua Dewan Kesenian Sumsel Periode 2023-2028

79
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Palembang, Beritakajang.com – Ketua Panitia Musyawarah Daerah VI Dewan Kesenian Sumatera Selatan (DKSS), Ahmad Muhaimin menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi sejak awal Agustus 2023 ke beberapa grup seniman, tokoh-tokoh seniman, pekerja seni, dan Dewan Kesenian Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan.

“Sosialisasi dilakukan untuk meluaskan penyampaian informasi sebelum penjaringan untuk mendapatkan calon yang diharapkan dapat memajukan kesenian dan menguatkan Lembaga Dewan Kesenian Sumatera Selatan periode selanjutnya,” kata Muhaimin, Rabu (23/8/2023).

Tim Verifikasi Administrasi dalam rapat penetapan calon di ruang rapat Sapta Pesona Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan berhasil menetapkan tiga dari empat calon Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan periode 2023-2028.

Ketua Tim Verifikasi Bakal Calon Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan, Mgs. Daniel Vito Hidayat (Vito) menjelaskan, penetapan bakal calon menjadi calon ketua sesuai dengan isian formulir atau berkas pendaftaran dari bakal calon yang dijadwalkan tanggal 19-22 Agustus 2023.

“Ada empat bakal calon yang berhasil dijaring oleh panitia, tiga calon terverifikasi yaitu Sirojudin, A. Erwan Suryanegara, dan MS. Iqbal Rudianto. Sedangkan satu orang yang dinyatakan gagal terverifikasi   karena tidak memenuhi satu persyaratan yang telah ditetapkan yaitu Yayan Hariansyah,” jelas Vito.

Persyaratan administrasi, kata vito, berupa keharusan berdomisili di ibukota Provinsi Sumatera Selatan, usia 40-65 tahun, tidak sedang menjadi ketua atau pengurus organisasi sejenis di kabupaten/kota yang dibuktikan dengan surat keterangan telah mengundurkan diri dari jabatan organisasi yang dimaksud. Selebihnya syarat-syarat yang dianggap umum, misalnya keterangan sehat jasmani dan rohani, ijazah minimal SMA/sederajat, memiliki visi dan misi kesenian, termasuk upaya pemajuan kesenian di Sumatera Selatan.

“Calon Ketua Dewan Kesenian Sumatera Selatan periode 2023-2028 yang berhasil terverifikasi akan mengambil nomor urut calon pada Kamis (24/8/2023) di ruang rapat Sapta Pesona Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan,” jelas Vito.

Sementara itu, Surono yang saat ini diamanahkan sebagai Plt. Ketua DKSS ketika diminta tanggapan mengapa tidak mencalonkan diri menegaskan, akan lebih fokus dalam pelaksanaan Musda.

“Saya tetap yakin siapa pun yang mencalonkan diri pasti punya niat baik untuk kemajuan DKSS ke depan. Demi asas menjaga proses Musda DKSS berjalan sesuai aturan dan etika berorganisasi, saya memutuskan untuk tidak mencalonkan diri,” ujar Surono. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here