Beranda Palembang Peringati Hari Lahir Pancasila 2023, Walikota Palembang Ajak ‘Bumikan’ Pancasila

Peringati Hari Lahir Pancasila 2023, Walikota Palembang Ajak ‘Bumikan’ Pancasila

83
0
BERBAGI
Walikota Palembang Harnojoyo ajak wong Palembang bumikan lagi makna Pancasila pada peringatan Harkitnas 2023. (Sumber Foto Istimewa)

Palembang, Beritakajang.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Sekretariat Daerah Kota Palembang, Kamis (1/6/2023).

Upacara Hari Lahir Pancasila 2023 dipimpin Walikota Palembang serta dihadiri Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, TNI-Polri, dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Saat amanat upacara, Harnojoyo menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo.

Harnojoyo mengungkapkan, 1 Juni 2023 kita bersama memperingati Hari Lahir Pancasila yang sangat bersejarah ini.

Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.

“Saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkapnya.

Lanjut Harnojoyo menuturkan, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian.

“Oleh karena itu kita harus menerapkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila sehingga menjadi bangsa yang kokoh,” tuturnya.

Kendati demikian, Harnojoyo mengajak seluruh kalangan untuk menjadi teladan dan memberi contoh baik melalui nilai-nilai yang tertera pada Pancasila.

“Terakhir, saya mengajak seluruh pemimpin bangsa terutama para pejabat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, para pemimpin partai politik, para pemimpin dan tokoh-tokoh ormas, dan para pemimpin-pemimpin lainnya untuk menjadi teladan, contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu meridhoi perjuangan kita bersama,” tukasnya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here