Beranda NTB YSI Bagikan Zakat dan Sembako di Desa Samba

YSI Bagikan Zakat dan Sembako di Desa Samba

39
0
BERBAGI

Lombok Utara, Beritakajang.com  – Yayasan Server Indonesia bekerjasama dengan Dinas Sosial P3A Kabupaten Lombok Utara (KLU) berbagi kebaikan dengan menyalurkan zakat berupa paket sembako.

Sebanyak 400 paket sembako dibagikan oleh Ketua Koordinator Yayasan Server Indonesia (YSI), Sulaiman Zahid asal negara Turki, kepada masyarakat Keluarga Penerima Manfaat peserta Program Keluarga Harapan (PKH) keluarga miskin di Desa Sambik Bangkol (Samba) dan Desa Rempek Kecamatan Gangga KLU, yang dipusatkan di aula desa setempat, Selasa (20/4).

Bantuan sembako tersebut untuk warga miskin dan terdampak pandemi Covid-19 di kedua desa dan sebagiannya dari anggota PKH yang telah diverifikasi oleh Dinas Sosial P3A KLU dan berhak menerima bantuan. Bersama Tim PKH Desa Sambik Bangkol dan Desa Rempek serta pegawai desa setempat, YSI langsung membagikan zakat sembako tersebut kepada masyarakat yang berhak menerima.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Desa Sambik Bangkol, Kasi Kesra, Kaur Trantib, tokoh masyarakat setempat serta warga penerima manfaat dari kedua desa.

Penjabat Kepala Desa Samba, Sarjono dalam pengantarnya menyampaikan terima kasih yang tulus sekaligus mengapresiasi Yayasan Server Indonesia yang telah memberikan zakat berupa sembako kepada masyarakat Samba dan Rempek yang tidak mampu sehingga mencukupi pemenuhan kebutuhan pokok warga pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

“Atas nama Pemerintah Desa Sambik Bangkol dan Desa Rempek saya memberi apresiasi tinggi kepada Yayasan Server Indonesia yang telah memberi zakat kepada warga kami. Bantuan ini akan diberikan kepada 400 keluarga penerima manfaat yang ada di Samba dan Rempek,” tutur Sarjono.

Penjabat Kades Samba ini berharap, saat ini sudah tidak ada lagi warga yang tidak makan setelah dilanda dua bencana besar yaitu gempa bumi 2018 dan saat ini bencana Covid-19 yang jauh lebih menakutkan, karena tidak kasat mata. Pihaknya juga mengimbau warga desa setempat agar selalu mematuhi anjuran pemerintah terkait kepatuhan menerapkan protokol kesehatan virus corona.

“Dengan dua musibah besar ini, berbagai lembaga kemanusiaan, NGO dan lembaga donasi lainnya telah membantu kita yang susah. Oleh karena itu, kita harus tetap bersyukur dan terus berbuat agar kehidupan kita pulih kembali. Kedatangan kawan-kawan dari YSI ini patut kita syukuri bersama,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Koordinator Yayasan Server Indonesia (YSI) Sulaiman Zahid menyampaikan terima kasih pada Pemerintah Desa Samba KLU yang telah membantu menyalurkan zakat berupa paket sembako tersebut.

“Yayasan kami telah lima tahun bergerak di bidang sosial kemanusian. Kami hadir untuk menyampaikan amanah dari umat Islam seluruh dunia untuk umat Islam di desa ini dan Indonesia pada umumnya,” tutur pria berkebangsaan Turki tersebut.

Zahid menjelaskan bahwa sumber bantuan berasal dari Umat Muslim Turky dan seluruh umat muslim dunia.

“Sembako pada bulan Ramadhan kita bagikan kepada warga dengan teknis kupon. Sebetulnya ini bukan bantuan tapi zakat. Yang namanya zakat itu ada hak, artinya orang yang dapat sebenarnya ia menerima haknya. Insya Allah dengan kegiatan ini, Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan rahmat-Nya kepada umat Islam. Hari ini ada manfaat yang bisa kita petik, selain bermanfaat bagi warga juga meningkatkan ukhwah islamiah,” jelasnya.

Diterangkannya, kegiatan itu sebagai wadah untuk mendapatkan berkah dan pahala dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. “Berbagi kebaikan dengan sesama merupakan sebuah kebaikan yang harus ditanamkan dan diajarkan mulai sejak dini kepada siapapun,” tutupnya. (Sas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here