Beranda Musirawas Bappeda Mura Sinkronkan 9 Program Unggulan Ratna-Suwarti

Bappeda Mura Sinkronkan 9 Program Unggulan Ratna-Suwarti

402
0
BERBAGI

Musi Rawas, Beritakajang.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Musi Rawas (Mura) masuk tahapan penyusunan rancangan awal (ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mura tahun 2021 – 2026.

Disini penyusunan sudah masuk ke bab V  memasukkan visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih dengan mensinkronkan 9 (sembilan) program Bupati/Wakil Bupati (Wabup) Mura terpilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 lalu yang nantinya akan dituangkan dalam RPJMD 2021 – 2016.

Kepala Bappeda Mura, H Nanti Kasih melalui Sekretaris H. Fetbon Hidayat saat dibincangi awak media, Jumat (5/2) mengatakan, 9 program Bupati H. Ratna Machmud dan Wabup Hj. Suwarti yakni membuat akses jalan mulus di setiap desa, sekolah gratis seperti seragam hingga sepatu, berobat gratis, mendirikan rumah tahfidz Alquran setiap kecamatan, menyediakan alat berat bagi masyarakat yang ingin membuka lahan, memberikan bantuan ambulance di setiap desa, serta memberikan santunan kematian terhadap masyarakat.

“Dari 9 program unggulan yang tertuang dalam RPJMD 2021-2026 ini nantinya akan ada turunannya berupa renstra dan renja OPD yang akan melaksanakan program dan kegiatan sesuai dengan visi misi dan program unggulan tersebut berdasarkan kewenangan masing-masing OPD,” katanya.

Dijelaskannya, kesembilan program unggulan dipastikan akan sudah dapat dijalankan pada tahun 2021 secara bertahap selama masa kepemimpinan Hj. Ratna Mahmud Amin dan Hj. Suwarti sesuai dengan Surat Edaran (SE) Mendagri Nomor.640/16/SJ tanggal 4 Januari 2020 tentang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah pasca pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

“Dimana, SE itu menyebutkan periodesasi RPJMD berdasarkan masa jabatan bukan berdasarkan waktu menjabat, sehingga periodesasi RPJMD bagi yang melaksanakan pilkada serentak tahun 2020 adalah tahun 2021-2026,” tukasnya. (Dep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here